Digital MarketingItTutorial Website
Trending

10 Element Penting Membangun Traffic Website Baru agar Meningkat

Seri Bagian 1

Untuk website yang baru dibangun akan kesulitan mendapatkan pengunjung dikarenakan secara usia website menjadi salah satu pertimbangan terutama untuk domain baru, agar teman-teman terutama yang masih baru bergelut dalam digital marketing secara umum atau dunia SEO khususnya pasti ada beberapa hal yang wajib dlakukan untuk memenuhi standar yang biasa dilakukan oleh para suhu SEO.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membangun traffic website baru agar mudah mendapatkan pengunjung:

Membangun Traffic Website Baru agar Meningkat

  1. Nama Domain

Pemilihan nama domain menjadi salah satu hal penting sebelum membuat website karena ini akan berpengaruh pada proses branding atau pencarian di mesin pencari (search engine) Google, bing dll. Setidaknya ada dua hal yang menjadi pertimbangan Ketika akan membuat nama website :

  • Nama domain menggunakan kata kunci seperti Ketika menjual sepatu maka nama web juga menggunakan kata kunci yang sering dicari atau diketik misalnya sepatuberkualitas.id, sepatusneakers.com, sepatuwanita.co.id secara penamaan ini akan mudah ditemukan karena nama domain mengandung kata kunci akan tetapi ini merupakan salah satu element dari sekian banyak pertimbangan.
  • Nama domain tidak mengandung kata kunci untuk perusahaan besar yang serius di dunia maya untuk mendongkrak nama perusahaan atau membesarkan brand sebuah produk maka nama domain menggunakan nama perusahaan atau nama produk tanpa mengandung kata kunci.

Traffic website baru dari kedua pertimbangan di atas masing-masing ada kelebihan dan kekurangnya, untuk lebih lengkapnya akan dibahas pada artikel khusus yang membahas nama domain.

  1. Hosting Domain

Hosting merupakan tempat menyimpan data website, kenapa ini menjadi salah satu pertimbangan? Karena jika hostinngnya bagus maka akan berpengaruh pada kecepatan loading website Ketika dibuka menjadi salah satu penilaian dari mesin pencari. Jangan tergoda hosting murah dengan berbagai promo, namun pelayanan tidak memuaskan seperti server sering gangguan atau mati, perpanjangan domain dan hosting pada tahun berikutnya lebih mahal dan lain sebagainya. Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai pemilihan hosting akan dibahas khusus pada artikel berikutnya.

  1. Tema atau Theme Website

Setelah kita menentukan nama domain dan hosting tahap selanjutnya adalah pemilihan tema, tentunya ini disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi website seperti untuk blogging, toko online,media dan lain sebagainya. Salah satu tipsnya cari tema atau template yang tidak terlalu banyak menggunakan plugin.

  1. Plugin pendukung SEO

SEO merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari minimal dasar atau tahapannya harus dipahami agar mudah mengevaluasi website. Pada dasarnya ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu SEO On Page dan Off Page pada bagian ini lebih ke optimasi On Page. Untuk sarana pendukungnya biasanya menggunakan plugin Yoast yang berfungsi menilai sebuah artikel atau konten sebelum dipublikasikan dengan harapan agar mudah teridex dan dicari dimesin pencari dengan harapan masuk halaman satu (page one). Pembuat konten akan terbantu karena ada indikator penilaian traffic website baru.

Index di Google Search Console

  1. Index di Google Search Console (GSC)

Google Search Console merupakan tool atau alat yang biasa digunakan untuk mempercepat index artikel salah satu tahapan yang harus dilalui untuk bisa tampil di halaman satu (page one) Google adalah syaratnya sudah terindex di GSC. Judul artikel sulit muncul dihalaman pencarian apabila link postingan belum dikirim (submit) ke Google Search Console (GSC). Umumnya website baru sulit tembus di sepuluh halaman pertama atau masuk top 100 baris dengan kata kunci yang dibidik terutama kata kunci pendek yang terdiri dari dua atau tiga suku kata.

Analisis Data dengan Google Analytics

  1. Analisis Data dengan Google Analytics

Proses selanjutnya adalah menganalisa data pengunjung website, data dapat dianalisa apabila jumlah pengunjung sudah ratusan atau ribuan karena data akan beragam dan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan web kedepannya seperti apa. Di Google Analytics menampilkan data berupa jumlah pengnjung, jam pengunjung, asal, perangkat yang digunakan, usia, halaman yang banyak dikunjungi, berapa lama pengguna berkunjung dan banyak data yang ditampilkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Konten Artikel Berkualitas

Traffic website baru konten yang berkualitas merupakan salah satu pertimbangan Google untuk menampilkan artikel anda pada halaman satu, tentunya beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat artikel selain nyaman untuk dibaca oleh pengunjung tapi juga harus memenuhi kriteria yang di inginkan oleh mesin pencari dalam hal ini tentunya oleh Google maupun mesin pencari lainnya. Untuk artikel sebaiknya di usahakan jumlah kata diatas 700 kata dan ada artikel utama dan artikel pendukung, karena secara tidak langsung akan dinilai oleh mesin pencari sebagai konten yang lengkap. Pembahasan pembuatan konten artikel akan dibahas secara khusus pada sesi berikutnya.

Riset katakunci dengan Google Keyword Planner

  1. Riset katakunci dengan Google Keyword Planner

Pertimbangan dalam pembuatan konten tentunya ada pencarinya atau orang yang membutuhkan, karena percuma membuat konten artikel bagus tapi tidak ada yang mencarinya atau ada tapi sedikit sekali sehingga agak sulit dikonversi untuk dijadikan traffic. Untuk website yang masih baru sebaiknya mencari kata kunci atau Keyword dengan persaingan rendah salah satu cara untuk riset mencari kata kunci persaingan rendah bisa menggunakan Google Keyword Planner nati akan terlihat jumlah rata-rata pencarian tiap bulan dan tingkat persaingannya rendah, sedang atau tinggi. Salah satu trik setelah mendapatkan kata kunci bisa dengan cara ketik langsung di Google dan masukan kata kunci yang diinginkan dan dapat dilihat yang muncul dihalaman satu dan dua apakah web yang muncul sudah level tinggi, sedang atau rendah untuk melihat level web bisa menggunakan alat atau tool.

Kecepatan Website

  1. Kecepatan Website

Kecepatan yang dimaksud disini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman secara utuh, banyak yang menjadi faktor pendukung agar website bisa loading dengan cepat seperti Hosting dan Tema atau template, dua faktor ini saling berkaitan apabila hosting bagus tapi temanya berat itu menjadi kurang bagus begitupun sebaliknya. Untuk mengecek kecepatan website bisa menggunakan alat/tool yang banyak digunakan seperti GT Metrix dan Google Page Speed. Pembahasan secara teknis akan dibahas pada artikel selanjutnya.

seo Proses Backlink

  1. Proses Backlink

Baclink merupakan salah satu element penting dalam dunia SEO hal ini berkaitan dengan derajat atau kasta sebuah website di dunia maya, kenapa penting? Baik saya coba jelaskan secara singkat sesuai dengan kemapuan saya. Backlink berfungsi untuk menaikan Autority atau otoritas sebuah website baik Domain Autority maupun Page Autority ada juga dengan istilah Domain Rank dan Page Rank pada intinya sama, hanya istilah dan angka penilaian yang berbeda. Jadi logika seperti ini jika website kita direfensikan atau mendapatkan backlink dari website yang kualitasnya lebih tinggi maka nilai Autority arau Rank web juga akan naik, untuk proses backlink perlu hati-hati sebaiknya diserahkan kepada orang yang memang meiliki sepesialisasi dibidang backlink agar terlihat natural atau alami untuk menghindari hukuman dari mesin pencari. Karena jika proses baclink dilakukan secara brutal akan berakibat fatal.

Nah itulah teman-teman sepuluh element penting dalam membangun website dari awal, artikel ini dibuat untuk teman-teman yang masih awam atau pemula di bidang digital marketing atau online marketing yang berkaitan dengan membangun website. Semoga artikel ini bermanfaat, silakan cek artikel lainnya Terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button