Digital Marketing MarketplaceJualan Online
Trending

Cara Membuat Akun, Analisis dan Jualan di Twitter

Twitter merupakan platform media sosial yang dibuat oleh Jack Dorsey pada tahun 2006 yang kini menjadi salah satu media sosial yang masih aktif digunakan meski dari segi jumlah pengguna masih kalah dari Facebook dan Instagram namun twitter memiliki keunikan tersendiri dimata penggunanya. Ada sebuah anekdot dikalangan anak muda di Indonesia kalau pengguna Facebook lebih banyak diisi oleh Bapak-bapak dan Ibu-ibu, Instagram banyak diisi oleh anak ABG alias anak baru gede yang senang foto-foto dan pamer hal ini berbanding terbalik dengan karakteistik  pengguna Twitter yang suka dengan berita atau info terbaru atau update, suka baca keluh kesah dan yang sifatnya tekstual.

Bagi yang terbiasa menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram tentunya akan terasa sangat berbeda karena secara tampilan visual lebih banyak menampilkan tulisan dari cuitan pengguna berbeda dengan Facebook dan Instagram yang banyak menampilkan Foto dan Video. Di Indonesia pengguna Twitter diperkirakan hingga pertengahan tahun 2021 sekitar 15,7 Juta atau urutan ke 6 dari Sedunia.

Cara Daftar Akun Twitter

Untuk mendaftar menjadi pengguna teitter caranya mudah kami rekomendasikan membuatnya menggunakan Smartphone (HP) agar lebih mudah saat verifikasi nomor handphone, dan berikut ini tahapan membuat akun twitter:

  1. Silakan Download aplikasi Twitter jika belum ada atau langsung menggunakan browser di link twitter.com/signup/.
  2. Lebih mudah menggunakan Handphone
  3. Klik tombol buat akun
  4. Masukan Nama akun, Telepon atau Email dan Tanggal Lahir
  5. Jika menggunakan email maka verifikasi melalui email dan jika menggunakan nomor telepon maka kode dikirim melalui SMS.
  6. Masukan informasi data diri teman-teman dan silakan untuk klik tombol “Berikutnya”
  7. Setelah itu akan muncul jendela silakan pilih konten yang sesuai dengan minat teman-teman.
  8. Proses Selesai.

Cara Menambahkan akun dalam satu aplikasi

Aplikasi Twitter mendukung untuk satu perangkat gawai atau gadget dapat berisi lebih dari satu akun artinya teman-teman ketika membuka aplikasi bisa terhubung ke beberapa akun, dan caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Twitter
  2. Usap atau klik Avatar alias foto profil
  3. Pilih tanda panah kebawah pada nama profil
  4. Klik tombol “Tambahkan akun yang sudah ada”
  5. Silakan isi sesuai perintah.

Mengubah Nama Profil Username Twitter

Pengguna Twitter dikenal dengan orang-orangnya kreatif dan suka membantu dengan tagline “Twitter Please Do Your Magic” untuk meminta bantuan. Salah satu hal yang unik yaitu nama username dan profil yang unik seringkali berbeda jauh dengan nama aslinya. Untuk menggantinya caranya mudah berikut ini tahapannya:

  1. Buka aplikasi twitternya.
  2. Klik emnu Profil
  3. Pilih tombol edit Profil
  4. Silakan ganti pada kolom nama
  5. Klik tombol simpan

Untuk mengganti username berikut ini prosesya:

  1. Silakan klik gambar profil atau avatar
  2. Pilih pengaturan dan privasi
  3. Klik “Akun anda”
  4. Pilih menu Informasi Akun
  5. Klik pada bagian Nama Pengguna
  6. Silakan ganti Usernma teman-teman sesuai dengan yang tersedia di Twitter.
  7. Klik tombol selesai.

Cara Mengunci, Private atau Aktifkan Gembok Akun Twitter

Cara Mengunci, Private atau Aktifkan Gembok Akun Twitter

Media Sosial Twitter dikenal dengan penggunanya aktif dan cepat bereaksi terhadap isu atau berita yang sifatnya kontoversi dan ini akan menjadi sebuah tekanan tersendiri untuk pengguna Twitter terutama yang memiliki pengikutnya yang jumlahnya ribuan hingga jutaan ketika melakukan kesalahan yang dianggap fatal. Untuk menghindari akun diserang biasanya akan mengaktifkan mode kunci untuk menghindari akun anda terus menerus dirundung atau bully, berikut ini caranya:

  1. Silakan teman-teman pilih foto profil
  2. Pilih menu pengaturan dan privasi
  3. Klik privasi dan keamanan
  4. Silakan pilih Audiens dan Penandaan
  5. Aktiftkan Lindungi Tweet Anda
  6. Selesai

Cara Menonaktifkan atau Hapus Akun

Dengan menonaktifkan akun berarti nama pengguna dan profil ini tidak akan tampil dipublik melalui twitter.com  baik di Android maupun IOS akan tetapi beberapa informasi akan tampil di mesin pencari seperti Google, jika teman-teman tdak sengaja menonaktifkan maka bisa dikembalikan setelah 30 hari. Untuk teman-teman yang ingin menonaktifkan akun twitter caranya mudah.

  • Silakan klik Foto Profil
  • Masuk ke Menu Pengaturan dan Privasi.
  • Pilih “Akun Anda” silakan Nonaktifkan Akun.

Solusi untuk yang Lupa Kata Sandi atau Password Twitter

Untuk teman-teman yang sedang kebingunan karena lupa Password untuk login, hal ini sering terjadi dikarenakan terbiasa menggunakan twitter dari aplikasi Smartphone yang tidak harus login ketiba mau membuka twitter dan menjadi masalah ketika ganti handphone atau HP di reset ulang maka harus login kembali. Untuk solusinya silakan klik tombol Forgot Password masukan Username, Nomor Handphone atau Email dan klik Search.

Jika teman-teman kebingungan dan lupa nama username dan Email silakan buka email pada bagian pencaria atau telusuri silakan masukan kata “Twitter” tanpa tanda petik, cari email yang masuk pada saat registrasi dan itu bisa menjadi jalan untuk meminta Password ulang.

Menggunakan Analytic Twitter

Menggunakan Analytic Twitter

Fitur yang sangat membantu untuk mengetahui perkembangan sebuah akun Twitter, banyak informasi yang data digali dari analisis ini. Pada bagian ini teman-teman bisa memantau jumlah cuitan, impresi, kunjungan profil, jumlah pengikut, tautan yang di klik dan lain sebagainya. Untuk mengakses menu Analytics harus menggunakan Browser Seperti Google Chrome, Opera, Mozila Firefox, Safari dan lain sebagainya dan akan lebih nyaman menggunakan Laptop atau Komputer. Untuk mengaskses silakan login dan masuk ke Home, Klik Tombol More dan Pilih Analaytics.  Agar lebih jelas kami akan coba jelaskan setiap bagian:

Menu Home Analisis

Pada bagian ini data yang ditampilkan merupakan rangkuman dari analisis cuitan yang dibuat dalam 28 hari terakhir, dan berikut ini datanya:

  1. Rangkuman 28 hari terakhir dengan menampilkan data Jumlat Tweet, Tweet Impresi, Pengguna yang mengunjungi profil dan jumlah pengikut. Semuanya diukur dengan presentase.
  2. Menampilkan Top Tweet setiap bulan.
  3. Menyajikan data Top Media Tweet artinya cuitan tidak hanya teks tetapi dilengkapi gambar, foto atau video.

Menu Home Analisis twitter

Tweet Analisis

Bagian ini merupakan utama dari analisis yang menyajikan data lebih rinci untuk dinalisa, tujuan dari analisa ini untuk menilai seberapa besar impresi berbanding dengan interaksi pengguna lain. Berikut ini bagian-bagian yang dapat dianalisa:

  1. Grafik Impresi data yang ditampilkan berupa jumlah impresi dan tweet setiap hari.
  2. Engagements merupakan data untuk menganalisa interaksi dengan follower dan pengguna lain seperti Klik tautan, Likes, Replies, Retweets tanpa komentar, Engagement rate.
  3. Aktivitas Tweet menampilkan Interkasi, Impresi, Engagement rate dan Engagements setiap tweet yang diposting.

Menu More

Pada bagian more akan lebih rinci mengenai data Videos, Conversation Tracking, Events Manager dan lain sebagainya untuk diteliti.

Cara Mempromosikan Produk Jualan di Twitter

Peluang bisnis selalu ada dimanapun termasuk di media sosial Twitter, untuk mempromosikan produk jualan teman-teman bisa menggunakan beberapa fitur dari twitter untuk mendapatkan impresi jangkauan yang lebih besar dan mendapatkan kunjungan profil dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa trik yang bisa di Twitter.

Cara Mempromosikan Produk Jualan di Twitter

Tips dan Trik Jualan di Twitter

  1. Memanfaatkan trending topik, teman-teman bisa membuat tweet dengan menambahkan kata-kata atau tagar yang sedang menjadi perbincangan di jagat twitter. Contoh sedang berlangsung pertandingan bulu tangkis biasanya warga twitter akan membicarakan pemain misalnya “Ginting” jadi silakan ketika membuat cuitan menambahkan nama pemain atau yang berkaitan dengan Bulutangkis “ Silakan kaka mampir ke toko kami, Ginting mainnya keren” silakan ditambahkan foto atau gambar produk.
  2. Membalas cuitan yang viral, teman-teman bisa memanfaatkan cuitan yang viral dan ikut membalas dan sekalian promosi.
  3. Berinteraksi dengan Seleb Tweet untuk teman-teman yang meiliki pengikut dalam jumlah sedikit bisa ikut membalas cuitan dari seleb tweet yang biasanya rame, disana teman-teman bisa ikut beriteraksi dan sekalian promosi.
  4. Posting di akun base di Twitter ada akun yang memang dikhususkan untuk kategori tertentu seperti yang suka kuliner, Make Up, Kota atau Daerah, dan lain sebagainya. Jika jualan produk make up maka bisa follow akun yang berkaitan dengan Wanita.
  5. Beralih ke akun Profesional untuk teman-teman yang menawarkan produk jasa bisa menggunakan fitur ini pada menu edit profil.
  6. Nama akun berkaitan dengan produk yang dijual untuk mempermudah dipencarian.
  7. Hindari penggunaan trending topik yang berkaitan dengan politik dan SARA.

Ok Teman-teman, artikel mengenai Cara Membuat Akun, Analisis dan Jualan di Twitter kami cukupkan sampai disini. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya semoga dapat menambah wawasan, silakan bagian agar lebih banyak lagi yang mendapatkan ilmu tambahan. Terimakasih sudah berkunjung ke website wirapro.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button