Canva
Trending

Cara Cepat Membuat Desain Infografis di Canva

Cara Cepat Membuat Desain Infografis di Canva

Canva merupakan Webtool yang fokus pada pembuatan desain grafis gambar dengan keunggulan fitur template yang lengkap. Untuk teman-teman yang ingin membuat desain seperti poster, tumbnail youtube,  konten media sosial, dan sebagainya kami rekomendasikan menggunakan Canva. Jika teman-teman masih awam di bidang desai grafis tidak perlu khawatir karena di Canva tersedia banyak temaplate yang dapat digunakan baik yang berbayar maupun yang gratis. Membuat Desain Infografis di Canva.

Beberapa jenis template yang tersedia di Canva seperti Info Grafis, Poster, Makanan, Pendidikan, Indonesia, Kesehatan, Sumpah Pemuda, Sekolah, Lomba, Seminar, Islam, Maulid Nabi, Undangan, Webinar, Sejarah, Jadwal, Cute, Retro dan sebagainya. Sebagian kategori biasanya mengikuti dengan peringatan hari besar di suatu negara atau sesuai trend yang sedang berlangsung.

Cara Cepat Membuat Desain Infografis di Canva

Login Canva

Untuk membuat desain di Canva teman-teman dipersilakan untuk daftar dan registrasi dengan email, tetapi jika sudah daftar silakan login dengan email dan masukan password.

Tahapan Memilih Desain

Setelah teman-teman berhasil login, tahapan selanjutnya adalah menentukan desain dan ukuran yang akan digunakan. Silakan pilih desain dari template yang dapat disesuaikan.

Tips Memilih Template

Untuk mempercepat proses pembuatan desain teman-teman bisa menggunakan template yang tersedia dan berikut ini tipsnya:

  1. Tentukan ukuran desain seperti A4, poster, presentase, konten media sosial dan sebagainya.
  2. Setelah menentukan ukuran silakan pilih “Infografis”, atau bisa dengan mengetikan pada pencarian dengan kata kunci “Infografis”.
  3. Pilih template atau tema yang gratis, jika teman-teman menggunakan akun yang tidak berbayar.
  4. Untuk mempermudah membedakan yang gratis dan yang berbayar bisa dilihat jika template terdapat gambar mahkota dan tulisan “PRO” dipastikan tema tersebut berbayar.
  5. Jika teman-teman sudah memilih template bisa dicek dengan melakukan download sebelum melakukan proses editing. Jika bisa maka berarti templatenya gratis.

Proses Editing Desain

  1. Setelah teman-teman berhasil login silakan pilih ukuran desain.
  2. Misalnya kita pilih Menu Produk Cetak ukuran Poster Tegak
  3. Pada kotak pencarian silakan ketikan “Infografis”
  4. Pada bagian bawah pencarian akan di rekomendasikan beberapa pilihan seperti Infografis Bisnis, Infografis Data, Pendidikan, Seni dan sebagainya.
  5. Silakan teman-teman pilih salah satu template yang sesuai dengan cara klik gambarnya, dan jika menggunakan akun gratis silakan coba dulu kemudian download untuk memastikan bahwa desainnya gratis.
  6. Pada tutorial ini kami menggunakan contoh Infografis Data, seperti gambar di bawah ini:

Editing Gambar

  1. Untuk mengubah atau mengganti gambar silakan unggah gambar dari perangkat anda lalu masukan ke lembar kerja dengan cara di klik gambarnya.
  2. Jika teman-teman ingin merubah ukuran silakan klik gambar di lembar kerja dan klik titik putih disetiap sudut gambar silakan arahkan ke dalam untuk memperkecil.
  3. Memperbesar ukuran gambar silakan klik gambar dan pada titik putih gambar silakan arahkan dengan keluar.
  4. Editing Gambar di canva

Editing Tulisan

Untuk mengganti tulisan dan menggubah ukuran dan jenis huruf silakan teman-teman klik tulisan dan bisa langsung melalukan proses perbaikan. Untuk mempermudah teman-teman bisa melihat gambar di bawah ini:

Editing Tulisan di canva

Editing Grafik

  1. Proses editing grafik tergantung dari jenis atau model grafiknya, silakan teman-teman klik grafiknya dan silakan atur tulisan disebelah kiri pada menu data dan klik pengaturan untuk lebih lanjut. Untuk lebih jelas silakan lihat gambar di bawah ini:
  2. Editing Grafik di canva
  3. Teman-teman juga bisa mengatur warna grafik yang dapat disesuaikan dengan warna desain.
  4. Untuk merubah jenis grafik teman-teman bisa mengganti dengan cara klik gambar dan pilih menu dibagian kiri atas, terdapat banyak pilihan seperti Diagram Batang, Bagan batang bertumpuk, Diagram garis. Bagan baris bertumpuk, Diagram garis, Bagan area bertumpuk, Diagram sebar, Bagan histogram, Diagram lingkaran, Diagram donat dan Bagan corong.

Ganti Warna Background

Teman-teman bisa mengganti warna latar atau background, dengan cara klik warna yang ingin diganti dan pilih warna yang yang sesuai dengan keinginan.

Ganti Warna Background di canva

Editing Garis

Proses editing garis teman-teman bisa mengganti warna dan jenis garis, dengan cara klik garis dan silakan ganti warna dan jenis garis.

Editing Garis di canva

Demikian tutorial Cara Cepat Membuat Desain Infografis di Canva, semoga artikel ini bermanfaat. Silakan bagikan artikel ini agar lebi banyak lagi teman kita yang mendapatkan informasi tambahan. Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman yang sudah mampir ke website wirapro, sampai jumpa di tutorial-turial selanjutnya terimakasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button