Canva
Trending

Cara Membuat Diagram di Canva

Cara Membuat Diagram di Canva

Canva merupakan webtool untuk membuat desain gambar dengan keunggulan memiliki banyak template atau tema yang melimpah baik yang gratis maupun yang berbayar.  Perusahaan Canva didirikan pada tahun 2012 di Sydney Australia, pada tahun pertama sejak peluncuran berhasil mendapatkan 750 ribu pengguna. Canva terus berkembang menjadi perusahaan yang mendunia dengan valuasi perusahaan sebesar A$3.2 miliar pada tahun 2019.

Untuk teman-teman yang bekerja sebagai pembuat konten baik untuk jualan maupun membangun brand perusahaan, kami sarankan menggunakan Canva. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web ini teman-teman akan lebih cepat dan mudah, terutama untuk yang sedang kejar tayang tertuma yang masih baru mengenal dunia desain grafis membuat Diagram di Canva.

Cara Membuat Diagram di Canva

Login dan Registrasi

Teman-teman bisa membuat desain di Canva. Silakan melakukan registrasi apabila belum memiliki akun dan lakukan login dengan email jika sudah memiliki akun.

Tahapan Membuat Konten

Setelah teman-teman berhasil login dan masuk ke Dashboard pengguna silakan lakukan proses pemilihan ukuran media. Setelah menentukan ukuran silakan ikuti tahapan di bawah ini:

  1. Pada contoh disini menggunakan ukuran A4, untuk ukuran desain diagram.
  2. Silakan klik bagian Elemen
  3. Lalu pilih Bagan

Membuat Grafik Batang

Teman-teman bisa membuat Grafik Batang dengan mudah dengan desain yang menarik dan mudah untuk proses editing, meskipun masih pemula. Berikut ini tahapannya:

  1. Silakan teman-teman klik menu Elemen dan pilih Bagan.
  2. Pada contoh ini menggunakan Grafik Batang.
  3. Silakan klik dan pilih, secara otomatis akan masuk ke lmbar kerja.
  4. Teman-teman bisa merubah data, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Bisa juga teman-teman menambah baris dan kolom untuk menambah data.
  6. Pada menu pengaturan teman-teman bisa manambahkan keterangan dan label.

Membuat Grafik Batang

Jika teman-teman sudah memiliki data yang tersimpan diperangkat dengan Microsoft Excel dan Spreadsheet bisa diunggah atau upload jadi prosesnya akan lebih cepat.

Grafik atau Bagan Area Bertumpuk

Pada bagian ini teman-teman bisa membuat Bagan dengan model bertumpuk seperti pada gambar di bawah.  Untuk proses editing secara teknis  sama dengan membuat Grafik Batang namun berbeda secara tampilan bagan.

Grafik atau Bagan Area Bertumpuk

Diagram Lingkaran atau Pie

Untuk teman-teman yang ingin membuat diagram dengan bentuk lingkaran pada tutorial ini, akan diberikan beberapa contoh atau model yang berbeda bentuknya. Secara teknis pembuatan kurang lebih sama jadi tidak perlu djelaskan secara rinci karena secara prinsip sama.

Diagram Lingkaran atau Pie

Bagan Dengan Bentuk Piktogram

Pada tutorial yang ke empat ini akan membuat diagram dengan bentuk Piktogram yang dapat disesuaikan dengan tema dari sebuah diagram seperti bentuk manusia, makanan, baju, kendaraaan dan sebagainya. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini:

Bagan Dengan Bentuk PiktogramBagan dengan Bentuk  Radial

Pembahasan yang kelima teman-teman bisa membuat bagan dengan bentuk radial setengah lingkaran, bisa diisi dengan presentase angka. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini:

Bagan dengan Bentuk  Radial

Demikian tutorial Cara Membuat Diagram di Canva, semoga artikel  ini bisa membantu teman-teman dan menambah wawasan. Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman sudah mampir ke website wirapro. Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi teman kita yang mendapatkan informasi tambahan, sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button