Excel
Trending

Cara Membuat Tanda Ceklis atau Centang Pekerjaan di Excel

Cara Membuat Tanda Ceklis atau Centang Pekerjaan di Excel

Excel merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan diseluruh dunia, untuk bidang administrasi dan sebagainya yang berkaitan dengan data. Untuk teman-teman yang baru lulus seklah atau sedang mencari pekerjaan sebaiknya mendalami software yang biasa digunakan untuk administrasi seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint dan lain sebagainya untuk menambah keahlian teman-teman.

Dengan menggunakan Microsoft Excel akan membantu mempermudah pekerjaan karena akan terbantu dengan otomatis oleh sistem terutama untuk sifat pekerjaan menghitung. Pada artikel ini akan memberikan tutrial penggunaan tanda centang atau ceklist dengan menggunakan Excel. Untuk teman-teman yang masih baru mengenal Excel kami sarankan untuk mempelajari dari dasar agar tidak bingung, namn kami akan coba jelaskan secara perlahan agar bisa difahami dengan baik.

Proses Perencanaan Penggunaan Tanda Centang

Sebelum ke tutorial sebaiknya teman-teman sudah membuat rancangan sebuah formulir atau lembar kerja, agar data yang dihasilkan bisa sesuai dengan fungsinya. Pada artikel ini akan menggunakan dua cara penggunaaan tanda centang.

Cara Membuat Tanda Ceklis atau Centang Pekerjaan di Excel

Tanda Centang Untuk Daftar Tugas Pekerjaaan

Pada tutorial ini akan mambuat daftar tugas atau pekerjaan yang dapat secara otomatis ketika diberi tanda centang, maka tugas akan tercoret dan keterangannya “Selesai”. Untuk contohnya kita bisa menggunakan tabel data di bawah ini:

Nomor Centang Tugas Keterangan
1 Menyapu Halaman Rumah
2 Menyapu Lantai
3 Mengepel Lantai
4 Masak Nasi
5 Masak Air
6 Membuat Kopi
7 Mencuci Pakaian
8 Memandikan Mobil
9 Memanaskan Motor

 

Untuk tahap awal silakan teman-teman rancang terlebih dahulu tabelnya. Untuk langkah selanjutnya teman-teman bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini:

  1. Membuat tanda centang teman-teman silakan mengaktifkan menu Developer pada Microsoft Excel dan berikut ini tahapannya:
  2. Klik Menu File pilih Options dan pilih bagia Cusntomize Ribbon disebelah kanan beri tanda centang pada bagian Devepoler dan klik tombol OK.
  3.  Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  4. Silakan teman-teman asuk ke menu “Developer” dan klik Insert pilih tanda centang pada Form Control.
  5. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  6. Klik kanan pada kotak tanda centang, lalu pilih Format Control pada kotak Cell Link silakan arahkan kursor mouse ke, cell yang tadi di klik kanan sampai terisi dengan tanda Dollar $ dan cell yang yang dimaksud lalu klik tombol OK. (Silakan lakukan proses ini secara berulang sampai selesai).
  7. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  8. Jika berhasil pada kotak centang akan ada tulisan TRUE dan FALSE
  9. Pada kolom keterangan silakan masukan rumus =IF(C3=TRUE;”Selesai”;”Belum”) untuk kata Selesai dan Belum bisa diganti atau disesuaikan.
  10. Untuk membuat efek tulisan dicoret dan berubah menjadi warna biru silakan teman-teman klik di kolom tugas, pembuatanya secara manual satu kotak. Silakan dari Menu Home klik Conditional Formating  dan PIlih New Rule.
  11. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  12. Silakan teman-teman pilih Use a Formula to Determine Wich Cell to Format klik tanda panah keatas atau bisa langsung ketikan rumus pada kotak =$E$6=”Selesai” silakan lakukan secara berulang dari awal hingga akhir.
  13. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  14. Untuk memberikan efek tulisan berubah warna dan dicoret teman-teman, silakan tekan tombol format dan atur warna dibagian Color dan efek tulisan coret dengan memberikan tanda centang pada kotak Striketthrough
  15. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  16. Untuk menghilangkan atau menyamarkan tulisan TRUE dan FALSE teman-teman bisa merubah warna menjadi putih agar tidak terlihat.
  17. Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel
  18. Jika mau merubah atau melakukan editing pada Conditional Formating silakan teman-teman klik pada cell kolom Tugas dan masuk ke menu Conditional Fomating lalu klik Manage Rules.
  19.  Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel

Untuk lebih jelas bisa melihat video di bawah ini:

Penutup

Demikian tutorial Cara Membuat Ceklis atau Centang Tugas Pekerjaan di Excel, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu teman-teman. Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi teman kita yang mendapatkan informasi tambahan. Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman yang sudah mampir di website wirapro, sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button