Tutorial WebsiteTutorial Wordpress
Trending

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website Sendiri dan Orang lain

Situs online menjadi salah satu tempat berkreasi, banyak website dengan berbagai jenis seperti untuk video berbagi ada youtube dan Tiktok,  Media Sosial Facebook, Instagram, Twitter Toko Online seperti Bukapak, Shopee, Blibli, Tokopedia, Lazada Media Berita Detik, Kumparan, tirto dan ada puluhan hingga ratusa jenis situs yang ada baik yang dikelola oleh perusahaan maupun perorangan. Website merubah cara masyarakat dalam mendapatkan informasi, dulu hanya ada media cetak seperti Televisi, Radio Koran dan Majalah kini dengan hadirnya media online yang mengandalkan teknologi Intenet mengeser cara orang mengakses informasi yang lebih cepat dan mudah jumlah pengunjung Website.

Membuat media sendiri menjadi tempat untuk membagikan informasi bisa dengan membuat Channel Youtube, Akun Media Sosial atau membuat website sendiri. Kelebihan memiliki situs sendiri sang pemilik memiliki kebabasan dalam mengembangkan baik dari sisi teknologi, SDM maupun keungtungan yang didapatkan. Website yang memilki banyak pengunjung berpotensi menghasilkan pundi-pundi rupiah yang melimpah.

Cara Melihat Jumlah Pengunjung Website Wordpress

Untuk teman-teman yang memilki website dan menggunakan Content Management System (CMS) dari Wordpress ada beberapa cara untuk melihat jumlah pengunjung baik data yang hanya ditampilkan untuk pemilik maupun untuk publik atau umum. Berikut ini caranya:

Plugin Site Kit dari Google

Dengan menggunakan plugin ini teman-teman bisa menghubungkan website ke Google Analyics, silakan tambahkan plugin baru di wordpress dan berikut ini caranya:

  1. Masuk ke Dashboard WP Admin
  2. Menu Plugin
  3. Klik Tombol Add New
  4. Pada kolom pencarian ketik “Site Kit” pilih yang By Google
  5. Silakan Install

Untuk menghubungkan website ke Google Analytics silakan membuat akun dengan menggunakan email dari Gmail. Setelah berhasil terhubung maka tampilan dashboard WP Admin akan seperti di bawah ini:

Plugin Site Kit dari Google

HiStats untuk Blogger dan Wordpress

Cara kedua untuk melihat data pengunjung yang masuk situs kita menggunakan bantun pihak lain dengan cara mendaftar di situs www.histats.com keunikan dari situs ini bisa menampilkan data untuk orang lain atau pengunjung yang masuk ke website:

HiStats untuk Blogger dan Wordpress

  1. Silakan teman-teman daftar ke situs histats.com menggunakan email.
  2. Pada bagian panel kendali silakan klik “Add a Website”
  3. Silakan isi data seperti alamat situs dan sebagainya.
  4. Kembali kebagian Panel Kendali klik Situs yang telah didaftarkan.
  5. Pilih Counter Code
  6. Add New Counter silakan pilih tampilan yang diinginkan. Ada yang 1, 2,3, 4 baris yang dapat dipilih sesua selera.
  7. Klik Model Counter yang diingikan dan beri tanda contreng pada kotak pilihan informas yang ditampilkan.
  8. Klik Simpan
  9. Pilih Counter ID dan akan tampil Srcipt Kode silakan copy
  10. Masukan ke Appearance klik widget dan masukan di baginan Footer menggunakan Costum HTML  untuk website dengan CMS Wordpress.
  11. Untuk yang menggunakan Flatform Blogger silakan login dan masuk Dashboard.
  12. Klik layout atau tataletak
  13. Pilih Add Gadget dan klik HTML/Javascript
  14. Copy kode pada bagian Content
  15. Selesai

Cara Mengetahui Jumlah Visitor Website Orang Lain

Untuk teman-teman yang kepo dengan jumlah pengunjung website orang lain dan ingin mengetahui prediksi  berapa jumlah pendapatan Adsene dari Google, tentunya sifatnya hany perkiraan bukan hasil yang akurat berikut ini caranya:

Menggunakan statshow.com

Website ini mampu menampilkan data jumlah pengunjung,  memprediksi penghasilan dan informasi server. Untuk menaksesnya teman-teman tidak perlu registrasi cukup dengan memasukan nama situs pada Ented A Website or Keyword maka akan tampil data yang dinginkan, untuk tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Cara Mengetahui Jumlah Visitor Website Orang Lain

Banyak informasi yang bisa didapatkan dari website statshow dan dibagi menjadi beberapa bagian seperti di bawah ini:

  1. Global Rank memberikan informasi peringkat website secara Global atau sedunia.
  2. Worth & Traffic Estimate memberikan informasi Jumlah Pengunjung, Halaman yang dibuka dan prediksi pendapatan dari iklan bisa harian, bulanan hingga tahun.
  3. Untuk lebih detail mengenai prediksi pendapatan bisa di klik kolom Choose a specific category/niche
  4. Main Information of pada bagian ini menampilkan informasi IP Address, Usia Domain, Pemilik, Pembuatan Situs, Kadaluarsa situs dan lan-lain.
  5. DNS Records, Name Servers, Header Info, dan sebagainya.

Menganalisa Website Kompetitor dengan semrush.com

Tool yang berbasis website ini sangat lengkap, dengan sejumlah fitur yang dimiliki, untuk teman-teman yang ingin menganalisa website sendiri maupun punya orang lain bisa menggunakan semursh.com terdapat akun untuk versi gratis jadi bagi teman-teman yang ingin mencobanya silakan gunakan setelah dirasa belum puas bisa menggunakan versi berbayar.

Untuk teman-teman yang ingin menganalisa seperti Jumlah pengunjung, Domain Autority, Kata kunci, Analisa Kompetitor, Backlinks dan lain sebagainya bisa menggunakan tool ini. Berikut ini cara melihat jumlah pengunjung dan menganalisanya:

Menganalisa Website Kompetitor dengan semrush.com

  1. Silakan teman-teman registrasi untuk yang belum daftar.
  2. Lalu silakan login
  3. Pada bagian menu Domain Overview silakan masukan alamat situs yang ingin dianalisa.
  4. Silakan lihat pada bagian Organic Traffic akan terlihat Grafik data jumlah pengunjung setiap bulannya.
  5. Untuk mengunduh atau download silakan klik export

Demikan tutorial cara mengetahui jumlah pengunjung website, semoga tutorial ini bermanfaat. Kami ucapkan Terima kasih sudah berkunjung ke website wirapro.com semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button