Excel
Trending

Cara Mudah Menghitung Umur di Microsoft Excel

Excel merupakan Perangkat Lunak yang memiliki banyak fungsi, terutama untuk teman-teman yang kerja di Kantor baik dibidang Administrasi, Keuangan dan sebagainya. Pada artikel ini akan membahas formula Excel untuk menghitung usia, yang dapat digunakan untuk proses seleksi sekolah, pekerjaan, masuk perguruan tinggi dan sebagainya menghitung umur Excel.

Dengan menggunaan formula atau rumus tema-teman akan lebih cepat perhitungan dengan jumlah yang banyak, dikarenakan hasilnya akan dihitung secara otomatis. Tentunya ini sangat membantu teman-teman yang bekerja dibidang administrasi.

Teman-teman bisa menggunakan rumus untuk mempercepat proses perhitungan usia, pada tutorial ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat digunakan. Oke teman-teman agar tidak terlalu panjang kita bisa langsung saja ke materinya.

Cara Mudah menghitung umur dengan excel

Rumus Menghitung Usia di Excel

Pada tutorial ini akan menggunakan 3 cara atau rumus yang akan diaplikasikan, teman-teman silakan memilih mana yang dirasa lebih bagus atau mudah dipahami. Teman-teman bisa menggunakan tabel di bawah ini:

Nomor Nama Tanggal Lahir Usia
1 Dimas 17 June 1988
2 Andika 06 April 2000
3 Bagas 22 January 1990
4 Candra 13 February 1998
5 Fajar 19 September 1983
6 Hadi 20 February 1999
7 Endang 15 December 1976
8 Abimanyu 30 December 1967
9 Gibran 25 November 1984
10 Romi 17 May 2001

hitung umur excel

Rumus yang digunakan:

  1. Rumus yang digunakan untuk nama Dimas =(“19-09-2022”-D3)/365
  2. Untuk Andika menggunakan rumus =INT((TODAY()-D4)/365)
  3. Cara ke tiga bisa menggunakan rumus yang agak panjang untuk nama Andika =CONCATENATE(ROUNDDOWN(YEARFRAC(D5;NOW();0);0);” Thn”)
  4. Kami rekomendasikan menggunakan rumus yang ke empat =DATEDIF(D6;NOW();”Y”)&” Thn”
  5. Jika teman-teman ingin infromasi usia lebih lengkap dengan tahun bulan dan hari bisa menggunakan rumus seperti ini =DATEDIF(D8;NOW();”Y”)&” Thn “&DATEDIF(D8;NOW();”YM”)&” Bln “&DATEDIF(D8;NOW();”MD”)&” Hari”

Untuk mempermudah silakan teman-teman bisa menggunakan video tutorial di bawah ini:

Demikan tutorial Cara Mudah Menghitung Umur di Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat. Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi teman kita yang mendapatkan ilmu tambahan. Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman yang sudah mampir di wirapro, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button