BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Cara Permainan Lompat Tali Karet dan Manfaatnya

Seri bagian 3

Permainan lompat tali karet merupakan permainan tradisional zaman dahulu. Selalu digemari anak-anak nusantara. Permainan berbahan dasar karet gelang ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan dengan cara mengepang gelang karet tersebut sehingga seperti tali. Meski begitu, anak laki-laki juga kerap memainkannya.

Lompat tali sangat populer di kalangan anak tahun 70-an hingga 80-an. Tidak hanya di zaman itu, namun permainan lompat tali ini masih sering dimainkan anak-anak periode sekarang. Bahkan dari sekolah pun masih sering memberikan tugas anak-anak seperti meronce dan mengepang gelang karet untuk sarana bermain anak-anak didik sekaligus berolahraga.

Cara Permainan Lompat Tali Karet 

Cara bermainnya masih sama seperti dulu yaitu membutuhkan 2 orang untuk memegang tali dan yang satunya melompat bergantian terus-menerus seperti itu. Permainan tali karet ini adalah melompat melewati ayunan tali karet tanpa menyentuh tali karet tersebut.

Apabila salah satu pelompat menyentuh tali karet tersebut, ia akan bergantian memegang tali karet. Begitupun seterusnya. Tinggi karet antara kaki sampai kepala agar tidak mudah menyentuh tali karet.

Manfaat Permainan Lompat Tali Karet

Pada umumnya, permainan lompat tali karet ini membutuhkan kekuatan fisik. Adapun manfaat dalam bermain lompat tali adalah:

  1. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Permainan ini sangat membutuhkan koordinasi antara pemain dengan pemegang tali karet. Melompat secara seirama dengan ayunan tali karet ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh pemain atau pelompat. Lalu dapat meningkatkan keseimbangan motorik anak dan keahlian koordinasi yang baik dengan orang lain.

Cara Permainan Lompat Tali Karet dan Manfaatnya

  1. Kekuatan Otot

Dalam permainan lompat tali tidak hanya kaki dan tangan saja yang bergerak, namun menggunakan seluruh tubuh bergerak aktif. Dari gerakan yang berulang tersebut dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, lengan, dan perut. Tidak hanya itu, manfaat lainnya seorang anak akan lebih lincah dan cekatan. Fisiknya pun lebih kuat.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Permainan lompat tali karet ini banyak manfaatnya dalam menurunkan berat badan pemainnya. Apalagi yang mempunyai masalah berat badan berlebihan. Tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa pun dapat memainkan permainan ini seperti berolahraga. Dalam waktu singkat, permainan lompat tali ini dapat membakar kalori dalam tubuh.

  1. Kesehatan Jantung

Dengan melompat dan menggerakkan semua anggota tubuh, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Intensitas melompat yang lebih sering dapat mengurangi resiko sakit jantung dan menjadikan jantung lebih kuat dari biasanya.

  1. Menyenangkan Hati Pemainnya

Permainan lompat tali ini dapat digunakan sebagai terapi stress. Dengan bermain lompat tali, suasana hati semakin senang dan bahagia, sehingga menghilangkan penat dan stress yang dihadapi.

Selain itu, dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi ketegangan otak, dan membuat pemainnya menjadi aktif dan lincah.

  1. Meningkatkan Perkembangan Otak Anak

Permainan lompat tali karet dapat membantu keselarasan kerja otak kiri dan otak kanan sehingga anak semakin terampil dalam membaca, daya ingat yang tinggi, dan kewaspadaan.

  1. Meningkatkan Keberanian Anak  

Dengan bermain lompat tali tersebut, anak semakin berani dalam menghadapi tantangan . Sehingga anak tidak mudah takut atau tak menyerah dalam menghadapi tantangan.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mental

Secara fisik tentu saja menambah kebugaran fisik anak, sedangkan secara mental dapat meningkatkan perkembangan otak dan keterampilan. Anak lebih kreatif dan mampu mengatasi rasa malu.

Permainan lompat tali karet ini memberikan begitu banyak manfaat. Tidak hanya untuk anak-anak, namun orang dewasa dapat menjadikan permainan ini menjadi suatu olahraga. Sehingga disamping buat terapi dari stress, dapat pula difungsikan sebagai kebugaran tubuh anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button