BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Dam Daman, Permainan Tradisional Yang Menyenangkan

Seri bagian 8

Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat seperti saat ini, anak-anak lebih banyak memainkan permainan digital. Bahkan sebagian besar mereka tidak mengenal permainan tradisional yang pernah tenar di masanya. Padahal banyak sekali permainan tradisional yang menarik untuk anda coba saat ini, salah satunya yaitu dam daman.

Mungkin generasi saat ini banyak yang tidak tahu akan permainan tradisional ini. Permainan tradisional sebenarnya juga asyik dimainkan di zaman modern seperti saat ini. Yang terpenting orang tua mau mengenalkan kepada anak-anaknya tentang permainan tradisional ini.

Mengenal Permainan Dam Daman

Dam daman adalah jenis permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh dua orang pemain. Permainan ini dimainkan diatas papan yang mempunyai pola papan khusus dipakai untuk permainan dam daman. Untuk memainkannya anda harus siap dan fokus.

Dam daman ini juga termasuk sebuah permainan yang mengadu strategi dan konsentrasi antara satu pemain dengan pemain yang lainnya. Untuk bermain anda membutuhkan media yang mudah sekali didapatkan. Karena anda hanya memerlukan kertas, biji-bijian serta alat untuk menulis.

Untuk membuat permainan ini caranya memang sangat simpel dan mudah. Anda hanya memerlukan alat tulis untuk membuat garis dan juga alas untuk lapangan bermain. Adapun garis yang dipakai untuk memainkan permainan ini yaitu dengan bentuk segi empat. Kemudian dalam segi empat tersebut terdapat garis kecil segitiga dan 32 persegi.

Sebenarnya dam daman ini hampir serupa dengan permainan catur. Sebab tiap pemain harus bergantian untuk menjalankan pion mereka. Nah, disini anda hanya bisa makan atau dimakan saja.

Jenis Permainan Dam Daman

Ada 2 jenis permainan dam daman yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu dengan menggunakan tiga batu dan dengan 16 batu. Untuk nama jenis permainan dam daman ini disesuaikan dengan jumlah batu yang dipakai. Untuk cara bermain serta jenis papan yang dipakai juga berbeda-beda untuk tiap jenis permainannya.

Dam Daman, Permainan Tradisional Yang Menyenangkan
(mazmuzie.blogspot.com)

Makna yang Terkandung Dalam Permainan Dam Daman

Pada permainan tradisional dam daman ini seluruh pion yang ada bisa bergerak sama. Baik itu maju, mundur, menyerong maupun menyamping. Agar bisa memakan lawan, pada umumnya mereka harus berani untuk mengumpan salah satu pionnya.

Pada waktu di beri umpan, lawan main harus memakan dengan terlebih dahulu melompati musuhnya. Jika pionnya habis berarti anda dinyatakan kalah dalam permainan. Agar tidak cepat kalah, anda harus bisa mengatur strategi dan mencari ide yang tepat untuk menjebak lawan agar tidak bisa berkutik saat akan dimangsa.

Dalam permainan tradisional ini di dalamnya terdapat suatu makna, yaitu bahwa semua manusia mempunyai hakikat yang sama. Di sisi Tuhan YME semua makhluk sama. Tuhan tidak membedakan berdasarkan pangkat dan jabatannya.

Dengan demikian, dalam melangkah manusia mempunyai kebebasan untuk menentukan pilihan hidupnya. Akan tetapi, untuk setiap langkah yang dijalankan tentunya akan ada dampak yang ditimbulkan. Bisa positif dan juga bisa negatif. Sebagai manusia biasa, kita juga harus berani dalam menghadapi cobaan dari Tuhan supaya seseorang bisa lebih maju.

Permainan ini memang terkesan sangat sederhana, akan tetapi siratan makna di dalamnya sangat bagus untuk kita pahami. Selain itu, dam daman juga bisa bermanfaat untuk melatih kecerdasan otak. Kemudian bisa juga untuk melatih seseorang dalam mengambil resiko terhadap jalan yang dipilihnya.

Agar permainan tradisional dam daman ini tidak punah, maka lestarikanlah kembali dengan mengajak dan memperkenalkan anak-anak generasi sekarang dengan permainan tradisional yang sederhana dan penuh makna ini.

Source
Jenis Permainan Anak Laki Laki Tradisional yang Seru dan Kreatif

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button