BlogsTips Kerja
Trending

Dijamin Lolos! Tips Sukses Interview Kerja

Bagian 1

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam hidup, yaitu panggilan kerja untuk interview. Betapa tidak mengembirakan, setidaknya Sobat Lokers sudah berhasil menyisihkan kompetitor lainnya yang sama-sama melamar di perusahaan yang dituju. Namun, timbul rasa bingung dan cemas, apa yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara menghadapi interview kerja yang benar? Terlebih apabila panggilan interview ini momen yang pertama buat sobat. Nah, dalam artikel ini akan diulas berbagai tips sukses interview kerja agar lolos. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat ….

Agar proses interview kerja berjalan baik, alangkah baiknya Sobat Lokers menyiapkan segala sesuatunya. Beberapa hal yang wajib sobat persiapkan, antara lain:

Gali informasi lebih dalam terkait perusahaan dan pekerjaan yang dilamar

Banyak pelamar kerja yang tidak siap saat menghadapi interview atau wawancara kerja. Hal ini karena pelamar tidak berusaha mencari tahu mengenai pekerjaan dan perusahaan yang dilamarnya sehingga ketika ditanya rekruiter, pelamar tampak gugup, gelisah, dan kebingungan. Tentu hal ini menjadi penilaian tersendiri karena pengetahuan yang baik tentu akan memberikan impresi positif sehingga membuat pihak recruiter atau bagian personalia semakin yakin untuk memilih sobat dibandingkan yang lainnya.

Jadi, untuk menghindari hal ini. Alangkah baiknya, Sobat Lokers menggali lebih dalam mengenai informasi perusahaan yang dilamar. Informasi bisa sobat peroleh dari  situs resmi perusahaan, akun resmi media sosial perusahaan, browsing di internet, atau bisa juga bertanya pada karyawan/tetangga/kenalan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut.

Saat ini, biasanya perusahaan sudah memiliki website atau situs resmi sehingga sobat relatif lebih mudah mencari informasi terkait perusahaan yang dilamar. Sobat bisa mencari tahu tentang  visi dan misi perusahaan, sejarah perusahaan, profil perusahaan, pendiri perusahaan, produk dan jasa yang dihasilkan, keunggulan produk dan jasanya, dsb.

Alangkah lebih baik lagi bila Sobat Lokers mencari tahu siapa saja kompetitor perusahaan tersebut dan kira-kira kontribusi apa yang bisa sobat berikan untuk kemajuan perusahaan tersebut.

Selain pengetahuan tentang perusahaan, Sobat Lokers juga wajib tahu gambaran pekerjaan yang dilamar. Jadi setidaknya, sebelum melamar, pahami dulu deskripsi dari pekerjaan yang ingin sobat  lamar. Seperti job description atau deskripsi kerjanya serta tugas dan tanggung jawab sobat di posisi lamaran tersebut.

Bagi fresh graduate yang baru pertama kali melamar kerja, walaupun masih belum pengalaman, tetapi sobat harus memiliki alasan yang meyakinkan pihak perekrut sehingga mau menerimamu. Oleh karena itu, kenali potensimu dan jelaskan hubungannya dengan posisi lamaran yang sobat pilih.

Potensi diri inilah yang nanti akan berperan sebagai senjata untuk meyakinkan perekrut bahwa sobatlah orang yang pantas untuk posisi tersebut.  Selain itu, pengetahuan akan potensi diri akan membuat diri sobat semakin percaya diri saat proses wawancara.

Tips Sukses Interview Kerja

Gali informasi rekruiter yang akan mewawancaraimu

Walaupun langkah ini tidak wajib dan bersifat pilihan. Namun, sangat berguna dalam wawancara kerja. Dengan menggali informasi karakter pewawancara, setidaknya sobat bisa lebih mempersiakan mental dan menghindari hal-hal yang tidak disukai perekrut.

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Walaupun Sobat Lokers sudah mengirimkan berkas dokumen lengkap ke bagian recruiter, HR, atau bagian personalia. Tidak ada salahnya, jauh hari sebelum memulai hari interview, pastikan sobat sudah menyiapkan berkas dokumen yang dibutuhkan.

Beberapa berkas dokumen yang harus dipersiapkan antara lain: surat lamaran kerja, CV (Curriculum Vitae) atau biodata diri,  ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, pas foto, Portofolio kerja, sertifikat,  SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat rekomendasi (apabila ada), dan  dokumen penunjang lainnya.

Kostum saat interview kerja

Dalam ilmu psikologi, gaya berpakaian seseorang merupakan cerminan atau visualisasi psikolgis seseorang sehingga jelas cara berpakaian menjadi salah satu poin penilaian di samping poin penilaian lainnya, seperti gestur bahasa tubuh, cara berbicara, cara mendengarkan, cara duduk, dsb.

Beberapa hal yang harus Sobat Lokers hindari saat prosesi interview kerja, yaitu: bagi kaum wanita, gunakan perhiasan alakadarnya jangan berlebihan termasuk perlengkapan seperti tas tangan, make up, parfum, atau hal-hal yang mencolok mata. Perlu diingat, saat interview, Sobat Lokers ibaratkan tamu sehingga sepatutnya menghormati tuan rumah.  Adapun untuk kaum pria, usahakan merapikan rambut dan janggut terlebih dahulu dan hindari penggunaan pernak-pernik yang berlebihan.

Jadi, saat interview kerja, jagalah penampilan sobat sebaik mungkin. Sobat mesti terlihat rapih dan bersih sehingga akan membuat pihak perekrut menilai sobat sebagai pribadi disiplin dan teratur. Seperti pepatah mengatakan “Cinta itu datang pertama kali dari pandangan mata ….”

Apabila sobat masih kebingungan mengenai pakaian yang akan dikenakan, berikut ini tips pakaian yang umumnya dikenakan saat interview kerja.

  1. Kostum bagian atas

  • Formal;
  • Bersih;
  • Setrika agar lekukan dan lipatan terlihat rapih;
  • Model mengikuti pada umumnya atau mencari tahu kebijakan di perusahaan tersebut;
  • Warna polos dan kalem, jangan yang mencolok mata;
  • Minim motif;
  • Warna atasan dan bawahan matching.
  1. Kostum bagian bawah

  • Formal;
  • Bersih;
  • Setrika agar lekukan dan lipatan terlihat rapih;
  • Gunakan bawahan berbahan kain;
  • Hindari penggunaan pernak-pernik yang tidak perlu;
  • Untuk pria, gunakan sepatu formal yang telah disemir;
  • Gunakan ikat pinggang bagi pria;
  • Bagi perempuan yang menggunakan rok, pastikan rok proposi tinggimu sesuai.

Nah, Sobat Lokers demikian penjelasan bagian pertama mengenai Tips Sukses Interview Kerja Agar Lolos, di artikel selanjutnya, mimin akan ulas lebih dalam  tentang tips interview kerja, contoh interview kerja, seputar pertanyaan interview kerja, pertanyaan interview dan jawabannya, cara perkenalan diri saat interview, dan cara ceritakan tentang diri anda di depan rekruiter. Selamat berjuang dan semoga mendapatkan pekerjaan yang sobat impikan selama ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button