BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Mengenal Permainan Patok Lele dan Manfaat Positifnya

Seri bagian 7

Patok lele merupakan salah satu dari  beragam jenis permainan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun di Indonesia. Permainan tradisional ini ternyata memiliki nama yang berbeda- beda di setiap wilayahnya.

Di wilayah Jawa Barat permainan ini disebut gatrik, benthing atau benthik di Jawa Tengah serta Yogyakarta. Di wilayah lainnya ada juga yang menyebut permainan ini dengan patil lele.

Permainan Tradisional Patok Lele

Patok lele adalah permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh kalangan masyarakat yang ada di daerah pedesaan. Tidak hanya anak-anak saja, usia remaja hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan juga banyak yang memainkan permainan ini.

Banyak yang memainkan permainan ini di halaman rumah yang luas atau di tanah lapang. Sebab, untuk memainkan permainan ini perlu ruang yang luas untuk melempar serta memukul potongan kayu ke arah depan.

Untuk memainkan permainan benthik atau patok lele ini terbilang sangat sederhana. Peralatan yang dibutuhkan pun juga mudah sekali untuk didapatkan. Sebab, untuk bermain patok lele hanya memerlukan dua buah kayu.

Ukuran kayu yang digunakan yaitu sekitar 10 cm untuk kayu anakan. Kemudian kayu dengan ukuran 30 cm untuk kayu indukan. Sebelum bermain sebaiknya anda menyiapkan sebuah lubang guna meletakkan tongkat yang hendak dilempar. Jika tidak ada lubang, anda bisa membuat tumpukan dari beberapa bilah kayu atau batu bata.

Manfaat Positif dari Permainan Patok Lele

Ada beberapa manfaat positif yang bisa kita dapatkan dari permainan tradisional seperti patok lele ini, diantaranya adalah seperti berikut ini:

Belajar Memukul Dengan Tangkas

Pada saat bermain patok lele, pemain harus bisa memukul kayu dengan tangkas. Jika tidak memiliki ketangkasan, maka potongan kayu yang menjadi anak patok lele tidak akan terpukul dengan tepat, bahkan bisa meleset.

Maka dari itu, anak yang sering memainkan permainan ini bisa menjadi lebih terlatih ketangkasannya untuk memukul benda yang akan dipantulkan dari arah bawah.

Mengenal Permainan Patok Lele dan Manfaat Positifnya
(m.kaskus.co.id)

Melatih Kemampuan Dalam Berhitung

Dalam permainan patok lele, para pemain harus bisa mengukur serta menghitung poin yang telah didapatkannya sendiri. Untuk cara mengetahui poinnya anda bisa mengukur jarak pukulan anak patok lele menggunakan panjang tongkat yang digunakan untuk pemukul anak patok lele.

Sarana Belajar

Permainan patok lele selain tak hanya dijadikan sebagai permainan untuk anak saja. Akan tetapi, permainan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar, terutama untuk belajar matematika. Karena sang anak bisa belajar menghitung poin yang telah didapatkannya.

Dengan bermain patok lele ini, sang anak juga bisa membandingkan ukuran panjang dan paham dengan arah gerak secara horizontal atau vertikal. Tak hanya bisa belajar matematika, melakukan permainan ini juga bisa mengajak anak untuk belajar mengatur strategi. Entah itu ketika anak melempar atau menangkap kayu permainan hingga memenangkan permainan.

Menciptakan Rasa Senang

Anak-anak yang melakukan permainan pastinya akan merasa ceria dan terhibur. Tak terkecuali dengan permainan tradisional patok lele ini. Setiap pemain pastinya akan merasa senang jika pukulan patok lelenya berhasil.

Jika pukulan yang dihasilkan semakin jauh, maka para pemain pastinya akan merasa sangat senang dan lebih bersemangat. Sebab, berapa jarak pukulan yang diciptakan itu termasuk  ukuran jumlah poin yang akan didapatkannya nanti.

Patok lele termasuk permainan tradisional yang patut kita kenalkan lagi pada generasi sekarang yang lebih mengenal permainan modern. Jangan sampai permainan tradisional ini punah seiring berjalannya waktu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button