BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Permainan Gobak Sodor Sangat Mengasyikan dengan Berbagai Manfaat

Seri Bagian 5

Permainan gobak sodor adalah permainan tradisional asli dari negara Indonesia. Gobak berarti bergerak dan sodor berarti tombak. Bisa juga diartikan sebagai bergerak dengan cara bebas diantara tombak-tombak yang merintangi.

Asal Mula Permainan Gobak Sodor

Gobak sodor sangat dikenal oleh masyarakat Jawa, terutama di daerah Yogyakarta. Gobak sodor disebut juga sebagai galasin. Dulunya para prajurit memiliki permainan bernama sodoran. Permainan itu menggunakan tombak, sehingga para prajurit bisa menciptakan permainan dengan nama gobak sodor.

Menurut KBBI, kata gobak berarti permainan dengan menggunakan tempat berpetak bentuk persegi. Pada garis dijaga oleh pihak yang menjaga. Kata sodor yaitu menyodorkan atau mengulurkan tangan ke depan. Penjaga menyodorkan tangan untuk menyentuh pihak yang akan melewati garis tersebut.

Menggunakan Garis Lapangan

Permainan gobak sodor harus menggunakan petak dengan garis-garis persegi. Garis tersebut berukuran 8×4 meter dan dibagi menjadi 6 bagian. Pada setiap garis diberi warna putih sebagai tanda.

Cara Bermain Gobak Sodor

Cara bermainnya yaitu terdiri dari dua grup dan setiap grup terdiri dari 4 sampai 6 orang. Pemain kemudian dibagi menjadi dua tim, yaitu kelompok yang menjaga dan kelompok yang bermain.

Pada kelompok yang bertugas menjaga juga dibagi dua, yaitu pemain yang menjaga pada garis horizontal dan pemain yang menjaga pada garis vertikal. Ketua dari setiap tim bertugas untuk menjadi wasitnya.

Pada bagian tim yang mendapatkan giliran untuk bermain dimulai dari garis start. Pemain yang bertugas menjaga pada garis horizontal berusaha untuk menghadang kelompok lain yang bermain supaya tidak bisa melewati garis/batas yang sebelumnya sudah ditentukan sampai garis finish.

Permainan gobak sodor untuk pemain yang bertugas menjaga pada garis vertikal umumnya hanya satu orang saja dan mempunyai ruang untuk gerak pada semua garis batas vertikal di lapangan. Dia harus bisa selalu menjaga gerak lawannya supaya tidak dapat menembus ke ruang gerak horizontalnya.

Pada tim yang bermain harus menjaga tubuhnya supaya tidak disentuh oleh kelompok yang bertugas menjaga serta berusaha mencapai garis finish. Kelompok yang dinyatakan menang, apabila semua anggota kelompok bisa kembali di posisi garis start. Untuk kelompok yang kalah terjadi jika penggantian posisi ada yang disentuh oleh kelompok yang menjaga.

Permainan Gobak Sodor Sangat Mengasyikan dengan Berbagai Manfaat
moeclazh.blogspot.com

Manfaat yang Diperoleh dari Permainan Gobak Sodor

Permainan tradisional ini juga memiliki manfaat yang didapatkannya seperti bisa untuk menyenangkan diri dan sangat menarik. Karena pada permainan tersebut seorang pemain harus berusaha untuk mengecoh lawan supaya temannya bisa melewati garis.

Hal itu juga memiliki rasa jiwa kebersamaan, bekerja sama, dan belajar untuk selalu kompak. Selain itu, permainan ini juga bisa mengajarkan kita supaya tidak mudah berputus asa serta harus berusaha terus. Jangan sampai lawan bisa melewati garis dan akan membuat rasa putus asa.

Bahkan permainan tradisional ini dapat menjadi industri seperti pada cabang olahraga yang populer. Hal tersebut untuk ajang pemersatu serta memiliki nilai pelestarian permainan dan olahraga tradisional. Bahkan seorang Presiden kita bapak Joko Widodo dan anggota Irian pun pernah melakukan permainan ini ketika memperingati Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2018.

Dalam permainan gobak sodor ini sangat mengasyikan dan seru. Namun permainan yang dilakukan di tempat yang lapang sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak pada zaman seperti sekarang ini. Hal itu karena sekarang mereka sudah mengenal yang namanya dunia internet dengan gadget yang mereka punya. Namun jika permainan ini terus dikembangkan justru akan menambah rasa senang dan persaudaraan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button