BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Permainan Tradisional Kelereng yang Mulai Terlupakan, Ini Manfaatnya!

Seri Bagian 4

Permainan tradisional kelereng memang menjadi permainan tradisional yang melegenda sejak dahulu kala. Sampai saat ini masih terdapat anak-anak yang memainkannya meskipun jumlahnya terbilang sedikit. Hal tersebut lumrah terjadi karena pada saat ini anak-anak lebih memilih untuk bermain gadget atau media sosial daripada permainan tradisional.

Maka dari itu, permainan tradisional ini semakin lama semakin punah dan akan terkikis oleh zaman karena tidak ada lagi yang mau memainkannya. Namun, sebenarnya terdapat banyak manfaat yang dapat diambil dari jenis permainan ini.

Perkembangan Permainan Tradisional Kelereng

Permainan ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala, yakni pada zaman kerajaan. menurut kutipan Kartiko tahun 2014, kelereng menjadi permainan pada zaman kerajaan Mataram Islam. Yang mana di kota Yogyakarta terdapat tiga buah kelereng dengan ukuran yang besar (sekitar 15-30 cm) yang ada di lokasi dekat dari Makam Kotagede.

Batu kelereng tersebut pun dikisahkan sebagai alat permainan Raden Rangga yakni putra Panembahan Senopati yang merupakan raja pada saat itu. Selanjutnya, para perkembangannya kelereng kita kenal merupakan sebuah benda dengan ukuran yang kecil yang telah diproduksi oleh pabrik.

Kemudian, pada umumnya, kelereng tersebut kita kenal sebagai mainan yang bentuknya kecil bulat dan terbuat dari material kaca. Akan tetapi, di daerah yang jaraknya jauh dari perkotaan, benda ini sering kita lihat terbuat dari biji-bijian yang telah diurai.

Berikutnya permainan tradisional kelereng ini ada di beberapa daerah yang terbuat dari campuran kapur dan semen yang dibentuk dengan bulat-bulat. Kemudian, juga terbuat dari batu wali yang terbentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan kelereng seperti yang kita kenal.

Cara Bermain Kelereng

Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. kemudian yang harus dipersiapkan tentunya adalah kelereng. Cara bermainnya adalah dengan menggambar lingkaran atau bentuk apapun sesuai kesepakatan pada tanah.

Semua anak meletakkan sebutir kelereng dalam lingkaran tersebut. Lalu, dengan jarak yang sudah disepakati anak menggaris sebagai tanda batas. Setelah itu, secara bergantian melemparkan kelerengnya ke arah kelereng yang ada dalam lingkaran tersebut.

Jika kelereng yang keluar dari lingkaran, maka boleh mulai terlebih dahulu. Si penyerang harus memakai kelereng yang keluar dari lingkaran tersebut. Lalu ia harus membidik kelereng lainnya. Jika terkena bidikan, maka kelereng tersebut akan menjadi miliknya. Sang pemenang dari permainan tradisional kelereng adalah anak yang memiliki kelereng dengan jumlah yang paling banyak.

Permainan Tradisional Kelereng yang Mulai Terlupakan, Ini Manfaatnya
gounesco.com

Manfaat Bermain Kelereng

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari jenis permainan tradisional ini, diantaranya adalah:

Melestarikan Permainan Tradisional

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika saat ini jenis permainan tradisional sudah sangat langka dimainkan oleh anak-anak. Jarangnya permainan ini hadir karena perkembangan zaman yang menghadirkan teknologi canggih. Salah satunya adalah smartphone dan juga jaringan internet.

Internet yang selalu memberikan pengalaman yang berbeda-beda dan menarik inilah yang semakin menggerus permainan tradisional serta lebih memilih bermain game online melalui perangkat mobile. Sehingga dengan bermain permainan tradisional kelereng ini, maka akan kembali menghidupkan dan melestarikan permainan tradisional.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

Bermain kelereng juga bermanfaat penting dalam meningkatkan kemampuan anak untuk motorik halusnya. Gerakan menyentil kelereng serta membidik akan melatih kemampuan otot dan juga fokusnya. Gerakan jarinya akan mengatur kekuatan serta kecepatan.

Dengan mengatur bidikan, maka juga akan melatih matematika sekaligus bentuk dari bangun datar. Pemain kelereng harus menghitung banyaknya kelereng dalam permainan. Lalu juga harus melukis segitiga sebagai wadah penempatan kelereng yang nantinya akan mereka bidik.

Permainan ini tentu saja akan memberikan banyak manfaat dalam kesehatan dan juga pengetahuan mereka secara langsung. Sehingga, bermain permainan tradisional kelereng menjadi sangat penting dan bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button