BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Petak Umpet, Permainan Tradisional Menyimpan Banyak Manfaat

Seri bagian 6

Masih ingatkah anda dengan permainan petak umpet? Mungkin saat kecil anda sering bermain permainan ini bersama teman-teman anda. Perlu anda ketahui, jika permainan ini merupakan jenis permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Bahkan di luar negeri pun permainan tradisional ini juga banyak dikenal masyarakat.

Permainan yang sangat sederhana ini ternyata didalamnya memiliki kandungan nilai. Nilai yang terkandung pada permainan tradisional ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang baik untuk anak-anak yang masih dalam perkembangan. Adanya nilai yang terkandung ini menjadikan game tradisional ini masih bertahan hingga saat ini.

Cara Bermain Petak Umpet

Permainan petak umpet ini cukup mudah dimainkan. Pada saat memainkannya ada satu pemain yang memiliki tugas untuk berjaga dan mencari temannya. Sebelum mencari temannya si penjaga harus menutup mata dan berhitung. Kemudian para pemain lainnya akan berpencar mencari tempat untuk dijadikan persembunyian sampai hitungan si pencari selesai diucapkan.

Anak-anak saat bermain bersama temannya banyak yang memainkan permainan tradisional ini. Biasanya permainan ini dimainkan anak-anak dengan jumlah lebih dari 3 orang. Permainan yang unik ini ternyata juga memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi anak-anak yang memainkannya.

Manfaat Permainan Petak Umpet

Tak hanya mendapatkan kesenangan saja, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari permainan tradisional petak umpet. Diantaranya adalah sebagai berikut ini;

Mengasah Kemampuan Dalam Menyusun Strategi

Agar bisa menang dalam permainan petak umpet, anak harus dapat memilih lokasi strategis untuk melakukan persembunyian. Terkadang ada yang bersembunyi di pojok rumah, di balik dinding, di balik pohon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, ini semua merupakan suatu kemampuan untuk bisa menyusun strategi. Dengan begitu, anak yang memainkan petak umpet akan terdorong untuk mengasah dan menyusun strategi yang paling tepat.

Mengenalkan Arah dan Area

Pada umumnya, tempat bermain petak umpet berada di lingkungan sekitar rumah anak-anak yang memainkan permainan ini. Memang bermain di lokasi ini cukup strategis, sebab sebagian besar dari anak-anak yang ikut memainkan permainan punya pengenalan dasar terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Pada saat bermain, masing-masing pemainnya juga dituntut untuk bisa tahu berbagai arah dan titik strategis yang digunakan untuk persembunyian.

Petak Umpet, Permainan Tradisional Yang Menyimpan Banyak Manfaat
(pexels.com)

Melatih Konsentrasi

Hampir semua peraturan yang ada di permainan petak umpet ini memerlukan strategi. Dari mulai menghitung pada saat berjaga, sampai dengan proses pencarian teman yang ada di tempat persembunyian. Ini semua juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Pada saat anak bermain petak umpet, maka berbagai macam hal tersebut akan selalu dilakukan. Selama mereka melakukan permainan tersebut, mereka akan terus melakukan latihan konsentrasi.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Perlu anda ketahui, jika dasar dari permainan petak umpet ini yaitu sang penjaga akan mencari lawannya yang sedang bersembunyi. Dengan demikian, pencarian ini bisa mendorong anak-anak agar bisa berpikir dan mencari cara untuk menemukan teman-temannya yang bersembunyi.

Seiring berjalannya waktu mereka akan selalu terlatih untuk pemecahan masalah serta menemukan solusi. Entah itu pada saat mereka menjadi penjaga atau menjadi orang yang bersembunyi, semuanya harus ada kemampuan yang terlatih.

Pada saat anak sedang bertugas jaga, maka sang anak akan terus dan terus berusaha mencari hingga bisa menemukan teman-temannya yang bersembunyi. Hal itu dilakukan dengan naluri yang dimiliki oleh anak tersebut.

Bermain permainan tradisional seperti petak umpet ini memang terkesan sederhana dan simple, akan tetapi manfaatnya cukup positif untuk sang anak. Untuk itu, mari kita lestarikan permainan tradisional ini agar tidak dilupakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button