Excel
Trending

Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Administrasi Kantor

Microsoft Excel menjadi Software yang wajib dikuasai terutama untuk menjadi Admin disebuah kantor. Beberapa perusahaan dalam info Lowongan Kerja biasanya salah satu persyaratan menguasai Microsoft Excel, karena pada aplikasinya Excel tidak hanya untuk menghitung bisa juga untuk hal-hal  yang mengharuskan menggunakan baris dan kolom rumus dasar Excel.

Untuk teman-teman yang masih bingung menggunakan Microsoft Excel bisa mengikuti tutorial ini, karena pembahasannya dari dasar, dari pengenalan lembar kerja Excel untuk mempermudah memahami alur kerjanya.  Akan lebih mudah menegerjakan tugas jika sudah mengerti seperti kolom, baris, cell, sheet, Menu Bar, Toolbar dan sebagainya.

Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Administrasi Kantor

Memahami Baris dan Kolom

Sebelum mengerjakan sebaiknya teman-teman memahami dimana Baris dan Kolom, agar lebih mudah memahami rumus karena akan berkaitan dengan dua hal ini. Oke kita langsung lanjut saja ke pembahasannya:

  1. Baris

Jika teman-teman masih baru mengenal Microsoft Excel maka akan melihat kotak-kotak yang disebelah kiri ada baris nomor. Baris di Excel versi 2019 terdapat 1.048.576 (Satu juta empat puluh delapan ribu lima ratus tujuh puluh enam ribu) yang dapat digunakan.

  1. Kolom

Kolom merupakan bagian vertikal dari atas ke bawah yang menggunakan abjad yang dimulai dari huruf A sampai Z, dan dimulai lagi AA sampai XFD.

Rumus Dasar Excel untuk Admin Kantor

Setelah teman-teman memahami bagian Baris dan Kolom,pada tutorial ini kami akan memberikan beberapa rumus dasar yang harus dikuasai untuk mempermudah pekerjaan karena akan sering digunakan. Dan berikut ini contohnya:

NOMOR NAMA MATA PELAJARAN JUMLAH Peringkat
Bahasa Inggris Matematika Bahasa Indonesia
1 Romi 8 9 6 23 4
2 Soni 10 9 8 27 1
3 Rohim 7 6 8 21 6
4 Budi 8 9 7 24 3
5 Joni 6 7 9 22 5
6 Ferdi 10 6 9 25 2
Rata-rata 23,67
Nilai Tertinggi 27
Nilai terendah 21

 

Perkalian 12 10 120
Pengurangan 13 3 10

rumus dasar excel admin kantor

Penjumlahan

Penjumlahan dapat menggunakan setidaknya dua cara yaitu dengan menggunakan =SUM atau dengan menggunakan tanda tambah (+) untuk aplikasinya kita bisa menggunakan contoh di atas:

  1. Untuk mengetahui nilai jumlah dari tiga mata pelajaran bisa menggunakan rumus =SUM(D7:F7)
  2. Bisa juga teman-teman menggunakan cara kedua dengan cara =D7+E7+F7

Pengurangan

Untuk mengerjakan pengurangan bisa lebih mudah menggunakan Excel jika data yang digunakan dalam jumlah banyak, karena caranya sederhana dan mudah dengan menggunakan tanda minus (-). Untuk aplikasinya kami mencontohkan dengan rumus =C18-D18

Perkalian

Menggunakan rumus perkalian dengan mudah dapat digunakan menggunakan Microsoft Excel dengan menggunakan tanda bintang (*), dan untuk contohnya bisa menggunakan rumus  =C17*D17

Pembagian

Untuk pembagian akan terasa mudah terutama jika menggunakan baris dan kolom Excel bisa menggunakan tanda bagi (/) dan untuk aplikasinya bisa menggunakan rumus sebagai berikut =C19/D19

Rata-rata

Teman-teman bisa mengetahui rata-rata nilai dari sekumpulan data di Excel dengan menggunakan rumus =AVERAGE untuk contoh penulisannya sebagai berikut =AVERAGE(G7:G12)

Nilai Tertinggi

Dengan menggunakan Microsoft Excel teman-teman bisa melihat nilai tertinggi dari sekumpulan data, dengan menggunakan fungsi =MAX atau untuk lebih mempermudah ingatan bisa diartikan Maksimal dan untuk aplikasinya silakan gunakan rumus =MAX(G7:G12)

Nilai Terendah

Untuk mengetahui nilai terendah dari sekumpulan data teman-teman bisa menggunakan rumus =MIN atau untuk lebih mudah mengingat bisa diartikan Minimal dan untuk contoh aplikasinya =MIN(G7:G12)

Rangking

Dengan menggunakan Microsoft Excel teman-teman akan dipermudah dalam mencari peringakat atau rangking dari sekumpulan data yang ada dalam tabel, dengan menggunakan fungsi =RANK dan contoh aplikasi penggunaanya bisa dengan mengetikan rumus =RANK(G7;$G$7:$G$12) penjelasan singkat rumus G7 merupakan cell atau data awal yang menjadi patokan lalu ; atau , diartikan sebagai sparator atau pemisah dari pernyataan G7:G12 data yang diambil dan tanda $ digunakan untuk mengunci rumus agar tidak berubah saat ditarik, dengan menggunakan tombol F4 atau kombinasi Fn + F4 ditekan diantara rumus.

Demikian tutorial Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Administrasi Kantor, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman. Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi teman kita yang mendapatkan informasi tambahan, terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman yang sudah mampir ke situs wirapro. Sampai jumpa di tutorial-tutorial berikutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button