BlogsTips Kerja
Trending

Tips Info Lowongan Kerja 2022 Terbaru

Halo sobat Lokers semua, apa kabar? Sudah siap-siap nih berburu lowongan kerja. Berikut ini Info Lowongan Kerja 2022 Terbaru yang wajib sobat Lokers ketahui. Yuk! Disimak baik-baik ya.

Seperti sobat Loker ketahui, pasca Pandemi Covid-19, aktivitas ekonomi, bisnis, dan investasi di Indonesia kini mulai bergairah dan mulai merangkak kembali ke arah normal. Hal ini patut disyukuri karena dampak Pandemi Covid-19 di seluruh dunia menyebabkan surutnya perekonomian negara dan masyarakatnya. Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya gulung tikar dan “merumahkan” karyawannya.

Berangsur pulihnya ekonomi, secara kasat mata bisa kita lihat dari mulai ramainya Kembali aktvitas sektor perdagangan, bisnis, dan investasi di tanah air. Selain itu, perusahaan berskala besar maupun mikro mulai Kembali membuka iklan lowongan pekerjaan atau info loker  di media cetak maupun media elektronik.

Dibukanya kembali pintu lowongan kerja lulusan sma, smk, diploma, sarjana, master ini tentu merupakan peluang emas bagi sobat-sobat Lokers. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin, jangan sampai peluang emas ini diambil oleh orang lain.

info lowongan kerja 2022

 

Tips Melamar Info Lowongan Kerja 2022 Terbaru

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar lamaran kerja yang Anda kirimkan tidak sia-sia. Berikut tips dan triknya:

1. Pilihlah lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian, minat, bakat Anda.

Sudah menjadi rahasia umum, setiap orang tentu ingin hidup sejahtera. Baik secara lahir dan batin, salah satunya terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Namun, karena disebabkan kebutuhan yang mendesak, acapkali pencari lowongan kerja memilih pekerjaan secara asal-asalan sehingga dalam benaknya hanya terpikirkan bagaimana masuk kerja secepatnya tanpa memikirkan dan menimbang secara jangka panjang.

Walaupun langkah yang diambil tersebut tidaklah salah. Namun, alangkah baiknya tips nomor satu ini dipertimbangkan secara baik-baik dan matang. Kenapa? Karena suatu pekerjaan apabila dikerjakan sesuai dengan keahlian, minat, dan bakat, biasanya akan dikerjakan dari hati, tanpa beban berarti bahkan akan menunjukan performance atau kinerja kerja yang prima. Hal ini tentu akan berdampak pada karir Anda di tempat kerja.

2. Carilah lowongan pekerjaan yang terdekat dengan tempat tinggal Anda

Bila memungkinkan dan ada, alangkah baiknya sobat Lokers mencari peluang kerja yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Kenapa? Karena selain efektif dan efisien, bekerja di dekat lokasi tinggal dapat menghemat waktu, biaya, dan energi.

Coba sobat Lokers pikirkan secara cermat, biaya transportasi termasuk aspek pengeluaran secara rutin, walaupun terlihat kecil per harinya. Namun, apabila diakumulasi per bulan akan menjadi pengeluaran yang besar. Bahkan, tidak sedikit akhirnya pekerja mengontrak untuk mengurangi pengeluaran transport dan waktu perjalanan.

3. Cermati persyaratan lowongan kerja

Tidak sedikit pelamar kerja yang abai akan hal ini. Banyak di antara pemburu lowongan kerja tidak cermat atau kurang teliti membaca persyaratan dari info loker yang dimuat oleh perusahaan. Semisal syarat usia, minimal pendidikan, tempat tinggal, gender atau jenis kelamin, dsb.

Perlu sobat Lokers ketahui, biasanya surat lamaran yang masuk ke perusahaan jumlahnya tidak sedikit, apalagi pihak perusahaan melakukan seleksi secara ketat sehingga tidak terpenuhinya salah satu syarat, otomotasi surat lamaran sobat dianggap tidak layak atau auto-coret.

Hal ini tentu menjadi pemborosan waktu dan biaya, terlebih bila sobat Lokers mengirimkan surat lamaran secara cetak ke puluhan bahkan ratusan perusahaan. Selain boros biaya, tentu boros secara waktu juga. Ibarat pungguk merindukan bulan, artinya mengharapkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.  Jadi, sekali lagi mimin ingatkan, baca secara teliti persyaratan umum atau khusus yang diinformasikan perusahaan.

4. Buatlah Curiculum Vitae yang menarik

“Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah Anda.” Masih ingat akan jargon iklan parfum yang sering muncul di layar TV pada era tahun 1990-an ini? Ya! Secara psikologis, manusia pada umumnya cenderung suka pada persepsi visual yang menarik dibandingkan persepsi indera lainnya.

Sebagai contoh, apabila di atas meja terdapat dua lembar kertas, selembar halaman berisi gambar dengan corak warna-warni dan selembar halaman lainnya berupa tulisan hitam-putih. Mana secara sekilas yang menarik pandangan sobat-sobat Lokers?

Tentu selembar kertas yang berisi gambar warna-warni, bukan? Menurut penelitian medis, 90% informasi yang dikirim ke otak bersifat visual sehingga wajar saja manusia disebut makhluk visual. Secara psikologis, manusia lebih menyukai sesuatu yang berbentuk gambar dan berwarna karena gambar memiliki sejuta arti sedangkan warna akan membuat segala sesuatu menjadi lebih hidup.

Demikian halnya dengan CV yang kita buat, tentu CV yang dibuat dengan desain visual yang baik akan lebih memikat bagian HRD dibandingkan CV  hanya sebatas tulisan saja. Dengan menerapkan trik ini, setidaknya CV sobat Lokers akan berpeluang lebih dilirik dibandingkan CV pesaing kerja lainnya bukan?

Nah, sobat Lokers itulah beberapa tips mencari info lowongan kerja 2022 terbaru yang bisa mimin share kali ini. Mimin akan share tips dan trik lainnya di artikel mendatang. Semoga bermanfaat. Bagaimana sudah siap hunting loker hari ini? Good luck, semoga berhasil ….

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button