Digital Marketing Marketplace
Trending

Tool Gratis Jualan Online dan Tutorial Cara Analisis Produk Tokopedia

Jualan online sedang menjadi trend dikalangan anak muda baik Milenial maupun Gen Z, karena generasi mereka yang paling mudah beradapatasi dengan dunia digital. Banyak kursus online yang menawarkan jasa pelatihan Digital Marketing, Jualan Online dan lain sebagainya yang berkaitan dengan produk digital. Pada artikel kali ini akan membahas sebuah alat atau tool penunjang untuk menarik atau scraping data terbuka dari Markeplace Tokopedia dengan menggunakan Hidup Cuan yang di integrasikan dengan Browser Google Chrome analisis produk Tokopedia.

Sekilas Aplikasi Hidup Cuan

Hidup Cuan merupakan tool atau alat untuk mengambil data “kategori produk” di Tokopedia, dengan menggunakan tool ini akan menghemat proses analisis peluang terjualnya suatu produk yang dijual. Berikut ini beberapa keunggulan Hidup Cuan:

  1. Ringan

Aplikasi ini terasa ringan dan stabil ketika digunakan karena ukuran filenya kecil sekitar 346KiB untuk versi 1.1.4.

  1. Gratis

Hingga penulis mempublikasikan artikel ini Hidup Cuan masih bisa di unduh secara gratis.

  1. Ekstrak data tidak terbatas

Pengguna dapat mengambil data dan mengekstrak ke jenis file .xls atau .csv secara tidak terbatas dan dapat langsung disimpan di computer atau laptop pengguna.

  1. Mudah digunakan

Hidup Cuan mudah dioperasikan atau user friendly untuk pengguna awam sekalipun cukup dengan beberapa kali klik data sudah bisa Analisa.

  1. Data lengkap

Data yang disajikan cukup lengkap sehiingga proses analisis lebih mudah.

 

Tutorial Cara Scraping Data Produk Tokopedia

Pada tahapan penggunaan aplikasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mendapatkan data produk yang dibutuhkan. Baiklah berikut ini caraya:

  1. Buka Browser Google Chrome
  2. Klik Menu titik tiga di pojok kanan atas
  3. Pilih menu More Tools
  4. Dan pilih “Extensions”
  5. Klik Menu garis tiga di pojok kiri atas
  6. Pilih menu “Open Chrome Web Store”
  7. add on chrome data produk tokopedia
  8. Pada kolom pencarian ketik “Hidup Cuan”
  9. Pilih aplikasi Hidup Cuan Scraper – Tokopedia
  10. aplikasi scaping data produk marketplace
  11. Lalu “Add Extensions”
  12. Setelah berhasil ditambahkan ke extensions Google Chrome silakan registrasi dengan menggunakan email dan masukan juga kata sandia tau password.
  13. Buka email yang didaftarkan untuk verifikasi.
  14. Setelah selesai proses verfikasi selanjutnya bisa untuk praktik langsung.
  15. Buka halaman website Tokopedia
  16. Pilih kategori produk, contoh Kategori Produk “Pakaian Pria” Lanjut pilih kategori selanjutnya yaitu kategori “Kemeja Batik Pria”.
  17. Setelah halaman kategori produk yang dimaksud terbuka silakan klik aplikasi atau tool “hidup cuan”
  18. Posisi tool ada disebelah kanan atas seperti gambar di bawah ini
  19. Secara otomatis aplikasi akan melakukan pengambilan data dihalaman tersebut dan bisa di ekstrak ke tipe file .csv atau .xls

Cara Export Produk Tokopedia ke Excel

Setelah teman-teman berhasil menentukan kategori produk yang akan di Scrape tahap selanjutnya yaitu mengambil data dari situs. Berikut ini tahapannya:

  1. Silakan tentukan kategori Produk
  2. Kami sarankan kategori yang diambil lebih spesifik seperti tutorial diatas.
  3. Setelah menentukan Kategori produk selanjutnya buka Add on Hidup Cuan dengan cara klik dibagian atas toolbar browser Google Crhrome. Lihat Gambar di bawah.
  4. stool export produk tokopedia
  5. Tunggu aplikasinya muncul dan secara otomatis akan melakukan pengambilan data.
  6. Klik tombol “Exsport to XLS”
  7. acara export produk di tokopedia
  8. File akan diunduh dan tersimpan diperangkat.

Proses Analisis Data

Tahapan selanjutnya setelah mendapatkan data sebagai bahan informasi yaitu menganalisa untuk mengahasilkan pengetahuan baru yang selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terutama untuk strategi penjualan. Sebagai contoh pada penjualan kategori Pakaian Batik Pria didapat data sebagai berikut :

  1. Pada baris pertama penjualan baju batik dengan harga Rp. 28.500 dari sekitar 5131 tampil atau klik terjual sebanyak 1706 buah dengan jumlah ulasan sekitar 174 dan nilai ulasan 4,7.
  2. Dan dibaris kedua penjualan kemeja batik pria dengan harga Rp.102999,- dan dengan tampilan sekitar 101724 menhasilkan total penjualan 3016 buah artinya dari sekitar 33 kali tampilan atau klik produk dapat terjual.
  3. Analisis tidak hanya pada harga saja tapi bisa juga dari lokasi penjual kitab isa menganalisa produk yang akan kita jual. Apakah dalam satu kota ada pesaing dengan produk yang sama atau tidak, karena secara algoritma atau system di Tokopedia akan mereferensikan atau menampilkan produk yang sama dipencarian berdasarkan lokasi.
  4. Penamaan judul produk menjadi salah satu faktor yang dapat dianalisa, sehingga penjual bisa meniru atau memodifikasi judul produk.

Baik, teman-teman dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh tool atau aplikasi hidup cuan untuk mengambil data dari Tokopedia, semoga artikel ini bermanfaat. Silakan share atau bagikan ke teman-teman agar semakin banyak yang mengetahuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button