GoogleSeo
Trending

Tutorial Dasar SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Merupakan sebuah kebanggaan bila sebuah Blog yang dikelola mampu mendapatkan pengunjung atau traffic organik ribuan dalam sehari, tentu perlu perjuangan dan kerja keras untuk bisa berhasil. Keras saja tidak cukup harus ditambah ilmu terutama yang berkaitan SEO (Search Engine Optimization) tentunya diringi dengan Do’a agar Yang Maha Kuasa mengabulkan harapan yang diimpikan. Beberapa element yang harus diperhatikan yang berkaitan SEO seperti konten, kata kunci, backlink dan mesin pencari Meningkatkan Pengunjung Blog.

Pada artikel ini akan berbagi pengalaman dalam mengelola website yang secara prinsip dapat diaplikasikan ke Blogger maupun Wordpress karena pada intinya sama ingin tampil dihalaman satu mesin pencari no satu di jagad ini yaitu Mbah Google, yang tau segala hal. Baik kita langsung saja pada intinya ketika kita sudah membuat Website atau Blog, maka Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

Menentukan Niche atau Bidang Pembahasan Blog

Sebelum mendaftarkan Domain Blog sebaiknya secara garis besar kita sudah bisa menentukan Jenis Pembahasan blog ini tentang apa misalnya:

  • Bidang Kuliner bisa membahas Resep masak, Ulasan atau Review Masakan, Masakan khas Daerah, Lokasi Restoran atau rumah makan.
  • Niche Wisata : Info Wisata Daerah, Wisata keluar Negeri, Umroh dan lain-lain.
  • Digital Marketing pembahasanan seputar SEO, Jualan online di Marketplace, Sosial Media Marketing dan lain sebaganya.
  • Otomotif bisa membahas seputar Motor, Mobil, Bengkel dan berita olahraga yang berkaitan.
  • Olahraga bisa membahasa satu bidang seperti Sepak Bola, Bulu Tangkis, Basket, Voli dan lain sebagainya bisa satu blog satu cabang olaharga.
  • Hobi Binatang Pembahasan seputar Burung Kicau, Burung Paruh Bengkok, Kucing, Anjing, Ikan Koki, Ikan KOI, Ikan Arwana, Reptil dan lain sebagainya banyak yang bisa dibahas dari satu hewan yang dibahas bisa luas.
  • Perabotan Rumah atau Furniture seperti jenis Kursi, Meja, Ranjang, Lemari dan lain sebagainya yang berkaitan denga nisi rumah.
  • Busana bisa pembahasan seputar busana Muslim, Casual, sporty Wanita atau Pria.
  • Sepatu dan Sandal mengulas berbagai jenis sepatu untuk pria dan Wanita untuk Lari, Futsal, Casual, Boot, Pantofel, Wedges, Higheels dan sebagainya.
  • Pembahasan seputar mainan anak untuk edukasi.
  • Untuk lebih mudah bisa lihat kategori di Pasar Eniaga atau Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lain-lain.
  • Cari yang persaingannya rendah menggunakan Google Keyword.

Riset Kata Kunci Menggunakan Mesin Pencari Google dan Keyword Planner

Setelah menentukan jenis atau niche blog langkah selanjutnya riset persaingan dari bidang yang ingin kita buat, untuk blog yang usianya baru netas alias masih baru sebaiknya mainnya di kategori dengan persaingan rendah agar tidak terlalu stress dan peluang mendapatkan traffic atau pengunjung lebih besar.

Riset dengan Keyword Planner

Silakan teman-teman membuat akun di Google Ads dengan menggunakan email Gmail, selanjutnya silakan masuk menu Keyword Planner. Berikut ini beberapa inti ketika menganalisa kata kunci :

  1. Ketikan kata kunci minimal 3 suku kata
  2. Tingkat Persaingan “Rendah”
  3. Penulusuran diaatas 100 pencarian perbulan

Contoh :

Ketika teman-teman mencari kata kunci “kucing” maka, volume pencarian Bisa sekitar 100.000 – 1.000.000 namun tingkat persaingan “Tinggi”. Untuk blog baru akan kesulitan untuk bersaing kecuali memiliki Tim dan Dana yang banyak seperti Perusahaan. Tapi untuk Blogger pemula yang semuanya serba sendiri bisa diatasi dengan menggunakan kata kunci panjang seperti “penyakit kucing yang mematikan” maka akan mendaptkan data penulusuran sekitar 100 – 1000 perbulan dan persaingan rendah.

Cek persaingan di Google Secara Manual

Salah satu cara unik dan manual tanpa harus menggunakan tool atau software tambahan teman-teman bisa mengecek persaingan dihalaman 1 dan 2 , jika yang tampil website besar seperti media berita seperti Kompas, Detik, Tribun , Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan tidak ada blog perorangan maka sebaiknya dihindari kata kunci tersebut.

Membuat Nama Domain

Meningkatkan Pengunjung Blog. Ketika membuat nama domain dari blog tentunya ada beberapa pertimbangan, jika teman-teman punya produk sendiri bisa menggunakan nama produk, daerah atau kota, Nama Pribadi, atau hal-hal yang berkaitan dengan konten yang akan bahas. Misalnya untuk konten yang berkaitan dengan binatang bisa menggunakan istilah dalam dunia hewan,  dan lain sebagainya.  Sebaiknya menggunakan nama domain dengan istilah sendiri khawatir sudah menggunakan nama yang berkaitan dengan binatang tapi kontennya diganti jadi otomotif, tentunya ini akan kurang pas.

Install Template Blog

Setelah menentukan konsep Blog tahap selanjutnya adalah istalasi tema, teman-teman untuk yang menggunakan platform dar Blogger bisa menggunakan tema yang disediakan atau bisa juga costum dari pihak lain. Untuk yang situsnya menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress bisa juga menggunakan tema yang disediakan dari wordpress atau dari pengembang lain. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih template Blog:

  1. Tema selalu di update oleh pengembang.
  2. Pilih tema yang loadingnya cepat untuk pengecekan bisa menggunakan GTMetrix dan Google Page Speed.
  3. Tidak terlalu banyak menggunakan Plugin tambahan.
  4. Setidaknya template dibuat 3 tahun terakhir, agar bisa menyesuaikan dengan teknologi yang sedang berkembang.
  5. Navigasi Menu mudah diakses.
  6. Cari template yang sesuai dengan pembahasan blog atau situs agar tidak terlalu banyak meodifikasi.
  7. Template dilengkapi konten demo.

Install Tema di Wordress caranya cukup mudah teman-teman silakan silakan login ke WP Admin pilih Menu Appearance, Klik Add New dan silakan teman-teman pilih template dari Wordpress atau Upload Theme jika mempunyai tema sendiri. Jika teman-teman menggunakan Blogger silakan di Cara Membuat Blog.

Setting Blog atau Website

Agar situsnya mudah dikenali oleh mesin pencari maka perlu mengatur  beberapa bagian dasar dari situs yang kita buat. Berikut ini penjelasannya:

  1. Untuk Wordpress
  • Silakan masuk menu Setting
  • General isi bagian Site Title, tagline,
  • Permalinks, pilih Post name
  • Situs sebaiknya menggunakan url yang diawali https (silakan cek di browser ketika website akses) jika sudah terpasang https akan terlihat gambar gembok disamping url.
  1. Menggunakan Blogger
  • Masuk ke admin Blogger
  • Pilih menu Setting
  • Silakan nisi bagian Title, Description
  • Sesuaikan Bahasa di bagian Blog Languange
  • Aktifkan HTTPS

Posting Konten Berkualitas

Tahapan selanjutnya adalah melakukan posting dengan cara menulis di Blog atau situs, beberpa kriteria atau elemen yang harus dipenuhi ketika membuat konten artikel, tentunya dengan harapan agar konten yang kita buat sesuai dengan kriteria mesin pencari Google. Berikut ini yang perlu diperhatikan :

  1. Konten artikel sebaiknya lebih dari 700 kata setiap posting.
  2. Artikel memiliki Judul dan Sub Judul
  3. Kata kunci tersebar didalam artikel secara merata dan tidak berlebihan.
  4. Memiliki gambar atau Foto
  5. Tambahkan Teks Alt atau File Name dalam gambar yang mengandung kata kunci
  6. Gambar memiliki ukuran file dibawah 100 kb
  7. Terdapat Internal Links
  8. Bisa ditambahkan tautan keluar
  9. Artikel dibuat sendiri bukan hasil copy paste, kanibal atau spin.
  10. Judul artikel mengandung kata kunci
  11. Kata kunci terdapat diawal paragraf.

Hubungkan Situs dengan Google Search Console (GSC)

Agar konten yang kita buat bisa muncul dihalaman pencarian Google tentu sebagai syarat utama artikel harus sudah terindeks di Google. Meningkatkan Pengunjung Blog bisa saja link artikel tidak didaftakan ke GSC namun akan lama terindeks apalagi untuk website yang baru dibuat. Jika menggunakan Google Search Console akan terindeks dalam satu hari setelah didaftarkan untuk website baru akan lebih lama. Selain fungsi utama untuk proses indeks GSC bisa digunakan untuk memonitor Impresi dan posisi yang didapatkan oleh Website, untuk cara pendaftaran bisa cek tutorial  cara menghubungkan Google Search Console.

Analisa Dengan Google Analytic

Untuk analisis pengunjung yang berhasil mampir ke situs kita bisa dimonitor dengan Google Analytic banyak data yang bisa didapatkan seperti:

  1. Jumlah pengunjung harian, mingguan, bulanan.
  2. Asal Kota pengunjung
  3. Perangkat yang digunakan utntuk mengakses.
  4. Halaman situs yang paling banyak diakses.
  5. Dan dapat menganalisa prilaku pengguna
  6. Masih banyak fitur yang dapat digunakan.

Untuk menghubungkan situs ke Google Analytic silakan cari tutorialnya banyak di Youtube dan atau cari di Google, sebaiknya cari tutorial yang terbaru sekitar tahun 2022, karena secara tampilan agak berbeda. Bagi teman-teman yang menggunakan CMS Wordpress bisa menggunakan Plugin dari Google Site Kit.

Membangun Backlink

Link Building merupakan faktor eksternal yang difungsikan untuk membantu pertumbuhan sebuah website agar bisa bersaing di Mesin Pencari. Untuk teman-teman yang belum memilki dana cukup untuk membayar Jasa Backlink, bisa menggunakan cara sendiri dengan menyebarkan link di Media Sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube, Pinterest dan lain sebagainya. Untuk mempermudah distribusi link dari website silakan teman-teman buat akun dimedia sosial yang khusus untuk website.

Jika menggunakan Jasa Backlink harus hati-hati cari yang berpengalaman dan professional, karena jika dikerjakan asal-asalan maka website bukannya tumbuh malah akan kena penalti dari Google  karena dianggap spam atau situs berbahaya.

Ok teman-teman itu saja artikel Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan . Silakan share konten ini ke teman-teman, sampai jumpa di konten-konten selanjutnya. Terimakasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button