BlogsTutorial Website
Trending

3 Pertimbangan Memilih Nama Domain Website untuk Bisnis

Seri Bagian 2

Nama domain merupakan salah satu elemen penting dalam proses pembuatan website, tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal seperti nama yang unik, mudah diingat, terdengar keren dan mudah ditemukan dimesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainnya.  Memilih nama domain website setidaknya ada tiga pertimbangan :

Memilih nama domain menggunakan kata kunci.

Pemilihan dengan menggunakan kata kunci biasanya digunakan oleh orang yang ingin cepat mendapatkan pengunjung dan bukan pemilik merek (brand) produk. Kenapa menggunakan nama domain dengan menggunakan kata kunci? Karena secara struktur SEO nama domain merupakan salah satu faktor yang dihitung oleh mesin pencari ketika proses pencarian. Berikut ini salah satu contoh penggunaan nama domain dengan kata kunci “lowongan kerja Jakarta”

nama domain website

Penggunaan nama sebuah website menjadi salah satu faktor namun harus didukung dengan konten artikel yang berkualitas, backlink memilki Autority yang tinggi, umur domain dan lain masih banyak lagi faktor pendukung lainnya.

Menggunakan nama brand produk

Penggunaan nama domain dengan nama brand produk atau perusahaan perlu hati-hati karena harus benar-benar pemilik merek atau perusahaan karena ada hak cipta. Untuk brand besar biasanya orang akan langsung mengetik kata kunci dengan nama brand atau perusahaan langsung  hal ini dilakukan untuk memperkuat nama brand. Penggunaan nama seperti ini untuk perusahan adalah hal penting, sebagai contoh ketika menggunakan kata kunci “Tokopedia”

nama domain dengan nama brand atau perusahaan

Karena orang sudah sering mendengar kata Tokopedia melalui media iklan baik di telivisi maupun di media online seperti youtube dan lain sebagainya maka orang akan langsung mengetik nama Tokopedia bukan nama produk.

Nama pribadi, tempat atau kota

Penggunaan nama domain dengan nama pribadi adalah suatu hal yang baik terutama untuk keperluan membangun Pencitraan Diri (personal branding) seseorang biasanya digunakan untuk website jenis blog, tetapi ada juga yang digunakan untuk kampanye politik seperti Pemilihan Presiden, Pemilu Legislatif, Pemilihan Kepala Daerah dan lain-lain, biasanya mereka aktif menyantumkan nama akun media social dan alamat web.

Alamat website dengan menggunakan nama tempat atau kota bisanya digunakan oleh media yang bersifat lokal biasanya menggunakan nama kabupaten dan kota dan diakhiri nama yang berbau media berita, hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pencarian di mesin pencari seperti Google karena akan mereferensikan berita berdasarkan lokasi pencari sehingga mempercepat proses pencarian oleh Google.

Pertimbangan Memilih Nama Domain Website untuk Bisnis

Syarat penggunaan nama domain

Penggunaan nama domain diatur berdasarkan masing-masing negara untuk di Indonesia agar bisa mengggunakan ada syarat harus melampirkan administrasi seperti :

  • id untuk penggunaan dengan domain co.id biasanya digunakan untuk perusahaan biasanya pihak hosting akan meminta mengirimkan dokumen dalam format softcopy atau hasil scan seperti: KTP Pemilik, SIUP/TDP, Akta Notaris, NPWP dan Sertifikat kepemilikan merk jika ada.
  • .sch.id digunakan untuk domain Pendidikan dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, RA, MI, MTs, MA dan lain sebagainya, nanti akan diminta persyaratan seperti scan KTP Penanggung Jawab, Surat Permohonan dari Kepala Sekolah atau Madrasah dan Surat Kuasa dari Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk mengurus atau mendaftarkan domain. Sebaiknya untuk sekolah swasta agar segera mendaftarkan karena ada kemungkinan nama sekolah atau madrasahnya sama.
  • ac.id digunakan untuk kampus dengan jenjang Pendidikan setelah SMA atau MA biasanya jenjang Pendidikan dari D3 sampai S3 menggunakan domain ini, Adapun persyaratan untuk mendapatkan domain ini adalah: scan KTP penanggung jawab, Surat Keputusan (SK) Pendidiran Lembaga dari Diknas atau Kemenag, Scan Akta Notaris Pendirian Lembaga Pendidikan, Surat Keputusan Pengangkatan Rektor atau Pimpinan Lembaga, Surat Kuasa dari Rektor atau Pimpinan Lembaga kepada Penanggung jawab untuk mendaftarkan domain.
  • ponpes.id digunakan untuk Lembaga Pondok Pesantren Adapun persyaratan yang harus dilampirkan adalah Scan KTP Penanggung Jawab, Surat Pengantar dari Kepala Pondok atau Lembaga.
  • web.id untuk domain jenis ini anda cukup mengirimkan Scan KTP penanggung jawab.
  • or.id ini merupakan domain yang dikhususkan untuk organisasi di Indonesia untuk bisa mendapatkan domain ini anda akan dimintai melampirkan Scan KTP Pimpinan Lembaga atau Organisasi, Akta Notaris dan Surat Keputusan Internal Organisasi.
  • Untuk domain .com, .id, my.id, biz.id, biasanya tidak dimintai persyaratan dokumen.

Untuk lebih jelas bisa dengan menyimak video di bawah ini:

Jadi untuk teman-teman yang ingin memiliki domain silakan dicek apakah nama domain yang diinginkan masih tersedia atau tidak, untuk pengecekan bisa di perusahaan penyedia jasa hosting dan domain seperti niagahoster, domainesia, dewaweb,  dan lain-lain. Apabila teman-teman belum memilki dana yang cukup untuk membangun sebuah website tapi khawatir domainnya akan dimiliki orang lain bisa hanya membeli domain saja tanpa harus meyewa hostingnya, yang penting nama domain sudah amanakan dulu.

Dari ketiga pertimbangan diatas tentunya ada keunggulan dan kelemahan pada masing-masing, tergantung dari niat si pembuat website ini akan diperuntukan untuk apa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button