Digital MarketingGoogleJualan OnlineSeo
Trending

Analisis Google Trends untuk Jualan Produk

Analisis Google Trends untuk Jualan Produk, Google terus berinovasi dengan berbagai fasilitas layanan, yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, kini Google sudah mendominasi dan menjadi mesin pencari paling banyak penggunanya. Banyak fasilitas yang diberikan secara gratis seperti Google Drive, Gmail, Maps, My Bisnis, Meet, Classroom, Spreedsheet dan lain sebagainya.

Pada artikel ini akan mengulas salah satu produk buatan Google yang akan digunakan untuk melihat sebuah tren atau kecenderungan dari pengguna kepada sebuah produk barang atau jasa.

Mengapa Harus Analisis Google Trends untuk Jualan

Ketika akan membuat suatu produk barang atau jasa dalam jumlah yang besar dan wilayah dan luas tentunya dibutuhkan data yang mempuni dan akurat, karena akan membutuhkan biaya yang besar untuk produksi dan diperlukan analisis data untuk prediksi kecenderungan orang dalam menggunakan sebuah produk dari masa lalu.

Kelebihan Fitur dari Google Trends

Terdapat banyak fitur yang dihadirkan pada tool ini, sehingga data untuk sebuah trend menjadi lebih lengkap untuk dijadikan sebuah analisa dan berikut ini fitur-fitur yang dihadirkan dari Google Trends:

  1. Perbandingan

Membandingkan sebuah produk yang sama dengan tipe yang berbeda-beda, hal ini bisa untuk dijadikan bahan data riset sebuah produk sebelum di produksi, artinya produsen atau pabrik bisa mengetahui produk mana yang harus di produksi banyak dan sedikit. Bisa juga membandingkan produk kegunaan yang sama dengan pesaing.

  1. Grafik Trend

Mambaca data dengan tampilan grafik akan lebih mudah karena ada visualnya tidak hanya angka, dan bisa diatur rentang waktu baik mingguan, bulanan, tahunan maupun rentang waktu sesuai dengan kebutuhan.

  1. Trend Berdasarkan Wilayah

Indonesia dengan wilayah yang luas tentu diperlukan data yang lebih spesifik dari wilayah mana orang berasal, hal ini penting untuk produsen untuk bisa mendistribusikan produknya sesuai kebutuhan wilayah. Untuk yang begelut didunia SEO (Search Engine Optimization) ini penting untuk mendapatkan kata kunci panjang atau long tail keyword dengan tambahan nama kota atau wilayah, sehingga lebih efektif.

  1. Kueri Terkait

Kata atau kueri terkait ini berdasarkan istilah penelusuran yang berkaitan atau turunan dengan sebuah produk utama, hal ini bisa dijadikan data rujukan ketika memproduksi produk utama bisa diiringi dengan produk turunan.

  1. Perkembangan Kueri

Kueri yang dihasilkan dari penulusuran diberikan data tambahan keterangan yang menunjukan perkembangannya dengan istilah “pesat” dan prosentase angka.

  1. Dowload Data

Fitur yang mempermudah untuk menyimpan atau mengunduh data dari hasil riset bisa disimpan di komputer dan bisa dikembangkan dengan data lainnya.

Contoh Tutorial Analisis Sepeda dengan menggunakan Google Trends

Untuk bisa mengakses bisa langsung ke alamat  https://trends.google.co.id/  pada analisa ini akan menggunakan dengan kata kunci produk Sepeda MTB dan Sepeda Lipat yang pada awal tahun 2020 penggunanya naik secara drastis. Data yang kami ambil dari Januari 2020 hingga Juni 2022 dan ini hasilnya:

  1. Data perbandingan pencarian dengan kata kunci Sepeda MTB dan Sepeda Lipat

Analisis Google Trends untuk Jualan Produk

2. Menampilkan data perbandingan berdasarkan wilayah provinsi di Indonesia.

Contoh Analisa Sepeda dengan menggunakan Google Trends

3. Menghasilkan data dengan kueri atau kata berkaitan dengan produk utama Sepeda MTB.

kueri terkait produk di google trends

4. Data dengan kueri penulusuran dari kata kunci Sepeda Lipat.

Kelebihan Fitur dari Google Trends

Tren Penelusuran Harian

Keunggulan dari Google Trends mampu menampilkan data pencarian disebuah negara, ini merupakan data yang menarik untuk yang berkecimpung di media online yang bersaing untuk menjadi yang tercepat dalam memuat sebuah berita. Data yang ditampilkan mayoritas dari website berita.

Tren Penelusuran Harian dengan google

Tren Penelusuran Realtime

Untuk data pelusuran secara langsung atau realtime hanya tersedia di negara tertentu, untuk pilihan negara Indonesia belum tersedia. Untuk negara seperti Amerika Serikat sudah tersedia.

Pilihan Negara

Terdapat pilihan negara untuk memilih trend dari suatu negara yang sedang berkembang pada setiap negara, dan ini akan menambah inspirasi untuk membuat sebuah artikel berita.

Jumlah Data Penelusuran

Menampilkan jumlah penelusuran untuk mempermudah seberapa banyak pengguna mencari sebuah berita yang sedang menjadi trending. Selain menampilkan jumlah terdapat data perbandingan dengan website pesaing yang memberitakan sejenis.

Untuk lebih jelas bisa melalui video di bawah ini:

Demikian artikel tutorial Analisis Google Trends untuk Jualan Produk, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial-tutorial berikutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button