BlogsPermainanPermainan Anak
Trending

Bermain Peran, Jenisnya dan Manfaat yang Didapatkan

Seri bagian 11

Bermain peran merupakan sebuah permainan tradisional zaman dahulu yang mana pemainnya harus memainkan dengan peran karakter pada latar fiksi. Pemain harus bisa memerankan peran tersebut pada sebuah narasi yang dibuat.

Seperti melakukan akting, pengembangan karakter, atau dalam proses pengambilan keputusan. Tindakan yang bisa didapatkan ketika sedang berperan bisa dikatakan salah atau benar yang tergantung adanya aturan sistem dan pedoman.

Bermain Peran Tentang Pengetahuan

Dalam bahasa Inggris sering disebut Role Playing Game (RPG). RPG sendiri terdiri dari beberapa bentuk. Pada bentuk asli disebut pemain peran di atas meja dilakukan dengan cara diskusi.

Untuk pemain peran dalam laga hidup, yaitu pemain bermain dengan fisik dan memerankan karakter yang akan dimainkan. Bentuk keduanya ada pengatur dalam permainan disebut sebagai Game Master (GM).

GM bertugas untuk memutuskan aturan yang digunakan. Selain itu, juga berperan sebagai wasit dan pemain yang lain akan memainkan sesuai dengan perannya masing-masing.

Pada jenis RPG atau bermain peran, ada juga yang namanya media elektronik. Misalnya pada MUD dengan tes multipemain serta penerus berbasis grafis. Pemain peran mencakup pada permainan video dengan pemain tunggal.

Pemain harus bisa mengontrol tim dengan karakter yang sedang menjalankan sebuah misi. Dalam permainan ini mempunyai sebuah pengaturan yang sama pada pemain di atas meja tadi, serta menekankan pada kemajuan sebuah karakter.

Contoh Permainan Peran

Supaya anda bisa mengetahui apa sebenarnya permainan peran itu. Anda bisa menyimak uraian pada dibawah ini.

Dokter-dokteran

Permainan ini yaitu berperan sebagai dokter dan pasien. Pemain satu yaitu bermain peran sebagai dokternya dan pemain kedua berperan sebagai pasiennya.

Caranya juga cukup mudah, yaitu jika pasien itu sakit, maka sang dokter akan memeriksanya. Setelah itu, dokter akan mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien. Bahkan meracik dan memberikan obat kepada pasien.

Bermain Peran, Jenis Permainan dan Manfaat yang Didapatkan
wannabees.com.au

Masak-masakan

Perannya yaitu pengunjung dan pegawai restoran. Pemain pertama berperan sebagai pengunjung yang akan memesan makanan. Sedangkan pemain kedua menjadi pegawai yang menyiapkan berbagai masakan untuk si pengunjung.

Kantor-kantoran

Dalam bermain peran ini yaitu pemain sebagai karyawan kantor dan juragan. Pemain satu berperan sebagai juragan kantornya. Sedangkan pemain yang lain berperan sebagai karyawan kantor. Dalam permainan ini juga akan adu akting layaknya dalam suasana di kantor.

Petak Umpet

Bermain peran dalam permainan ini adalah tugas mencari dan peran untuk bersembunyi. Caranya juga cukup mudah. Peran untuk mencari menutup mata, sedangkan peran yang bertugas untuk sembunyi akan bersembunyi dengan hitungan yang sudah dihitung oleh peran pencari.

Setelah selesai menghitung, kemudian pencari akan mencari anak yang bersembunyi tadi. Jika sudah ketahuan, maka dikatakan mati atau sudah terkena.

ABC Lima Dasar

Dalam permainan ini sangat mudah karena tidak akan menggunakan alat bantu sekalipun. Caranya juga cukup mudah, yaitu menggunakan jari dan menghitung jumlah jari-jari yang diletakkan dengan huruf abjad. Kemudian menjawab dengan nama hewan atau buah sesuai dengan huruf abjad yang terpilih.

Bermain Bola Bekel

Permainan ini cukup menggunakan bola bekel atau kelereng. Bisa dimainkan oleh 3 sampai 6 orang secara bergantian. Caranya bola yang satu dilempar supaya bisa memantul di lantai.

Kemudian sembari mengambil bola yang lain pada lantai tersebut lalu menangkap bola yang memantul tadi. Begitu seterusnya sampai bola di lantai habis diambil.

Manfaat Permainan

Adapun manfaat dalam bermain peran adalah untuk melatih imajinasi anak. Selain itu, juga sangat seru dan menyenangkan. Lalu dapat mengajarkan anak dalam hal yang baru dan melatih kemampuan otak anak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button