BlogsTutorial WebsiteTutorial Wordpress
Trending

Cara cek kecepatan website dan solusi menambahnya

Kecepatan akses website secara sempurna menjadi salah satu faktor penilaian sebuah web untuk layak tidaknya tampil pada halaman satu atau page one disebuah mesin pencari baik itu Google, Bing, Yandex dan lain-lain. Beberapa hal yang mempengaruhi menanpilkan web secara utuh, pada artikel kali ini kita akan bahas setidaknya ada dua faktor membuat website berat :

  1. Tema atau template Website Blog

Apabila teman-teman menggunakan Template website dengan platform wordpress biasa penjual ada mendesain tema yang terlalu banyak menggunakan plugin hal ini menyebabkan waktu proses untuk menampilkan website lebih lama.

  1. Hosting Domain

Hosting merupakan salah satu faktor website dapat diakses dengan cepat atau lambat, biasanya yang hostingnya murah dengan memori penyimpanan sedikit dan masih menggunakan teknologi hardisk akan kalah dengan yang menggunakan teknologi ssd.

Cara cek kecepatan website dan solusi menambahnya

Solusi menambah kecepatan akses website

  1. Jika dimungkinkan sebaiknya temanya diganti dengan yang sejenis misalnya websitenya toko online maka sebaiknya penggantinya tema toko online lagi agar postingan lama tidak terhapus dan secara tampilan tidak banyak berubah.
  2. Solusi kedua upgrade hosting ke teknologi yang lebih baru seperti teknologi ssd atau cloud hosting.
  3. Perkecil ukuran file atau resolusi gambar dengan menggunakan tool atau sofwaret RIOT (Radical Image Optimization Tool) cara mengoperasikannya cukup mudah tinggal klik menu open, cari file gambar yang akan diubah lalu atur quality dan klik save.
  4. Untuk website yang Menggunakan platform wordpress bisa menggunakan plugin tambahan seperti : wp fastest cache, wp optimize, LiteSpeed Cache dan lain-lain sebenarnya ada banyak plugin pilihan dan itu bisa dicoba satu-persatu karena masing-masing template berbeda. Kelemahan menggunakan plugin biasanya tampilan website tidak tampil secara sempurna kadang malah jadi berantakan, jadi teman-teman harus banyak mencoba.

Tool atau alat untuk mengecek kecepatan website

Untuk menilai website tampilannya sudah sesuai harapan atau belum bisa dengan menggunakan alat GT Metrix dan Google Page Speed. Sebaiknya pengecekan dilakukan sebelum optimasi dilakukan agar bisa terlihat perbedaanya.

Tampilan website GTmetrix

Kecepatan Website

Tampilan website Google Page Speed

Google Page Speed

Cukup dengan memasukan link website teman-teman nanti sistem akan memindai, dan akan keluar hasil penilaiannya, jadi bisa dievaluasi kelemahannya dimana aja dan diperbaiki. Baik itu saja tutorialnya semoga bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button