BlogsTips Kerja
Trending

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Melamar Pekerjaan Lewat Email

Sudah menjadi rahasia umum, seiring berkembangnya teknologi internet di seluruh dunia, mau tidak mau, suka tidak suka, menuntut kita untuk beradaptasi dalam berbagai lini kehidupan. Teknologi internet membuat kehidupan kita menjadi lebih efektif dan efisien. Bukan hanya dalam dunia bisnis melainkan juga dalam dunia pekerjaan. Salah satu hal penting yang harus diketahui pelamar kerja adalah cara melamar pekerjaan lewat email atau surel.

Sebelum membahas lebih lanjut cara melawar pekerjaan lewat email. Alangkah baiknya Sobat Lokers mengetahui terlebih dahulu apa itu email. Secara singkatan  e-mail atau electronic mail berarti surat elektronik (surel). Menurut Wikipedia, email memiliki pengertian surat elektronik atau pos elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman, tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Saat ini sudah banyak aplikasi dan provider yang menyediakan jasa layanan email, baik yang gratis maupun yang berbayar. Salah satu layanan email gratis yang cukup populer dan banyak digunakan berbagai kalangan antara lain: Gmail, Yahoo mail, Outlook.com, Icloud mail, Zoho mail, AOL mail, Yandex Mail, dan Proton Mail.

Walaupun prinsip kerja email tersebut kurang lebih sama. Namun, masing-masing email service provider tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti kapasitas memori, kecepatan pengiriman, fitur email blast, dsb. Tentunya pemilihan email service provider tersebut  bergantung pada pilihan dan tingkat kebutuhan user atau Anda.

Kembali ke topik utama, lantas bagaimanakah cara mengirim cv lewat email? Pada dasarnya untuk mengirim lamaran secara online ini terbilang cukup mudah. Sobat Lokers cukup mempersiapkan persyaratan lamaran kerja dalam bentuk soft copy atau file digital. Sobat Lokers dapat mengirimkannya dalam bentuk file Word, Pdf, JPG, atau PNG. Namun, menurut pengalaman mimin, alangkah baiknya file-file tersebut dibuat dalam bentuk kompilasi PDF sehingga file lamaran kerja tidak tercecer dan terkumpul dalam bundle file yang sama.

Cara melamar pekerjaan lewat email yang baik biasanya terdiri dari beberapa file, seperti: surat lamaran, Curriculum Vitae (CV), portofolio, ijazah, sertifikat kompetensi, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau dulu disebut Surat Kelakuan Baik, pas foto, kartu identitas, penghargaan, dan data lainnya sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan penerima lowongan kerja. Berikut contoh lamaran kerja via email.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

 

 

 

Mengatur Dokumen Lamaran

Untuk menggabungkan beberapa file digital menjadi PDF bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:

  1. Menggunakan software atau aplikasi offline pengabung file pdf, seperti Adobe Acrobat, PDF Binder, WPS Office (Android), dsb. Untuk menggunakan fitur ini, file lamaran kerja diunggah ke software atau aplikasi yang telah diinstal di komputer atau handphone, klik gabungkan atau merge, dan taraa! File gabungan lamaran kerja sudah langsung tersimpan di komputer.
  2. Menggunakan aplikasi online (bisa gratis atau berbayar untuk fitur premium) dengan mengunjungi situs  com, PDFJoiner.com. Caranya cukup mudah, Sobat Loker cukup unggah file ke dalam website tersebut, kemudian sistem komputer secara otomatis akan menggabungkan file PDF menjadi satu file. Setelah itu, file tinggal diunduh ke dalam komputer atau handphone.

Setelah proses penggabungan file lamaran kerja selesai, kini sobat Lokers tinggal mengirimkannya melalui email. Sebagai contoh, dalam ulasan kali ini kita akan mengirimkan file lamaran kerja dengan menggunakan fasilitas layanan dari Google, yakni G-mail.

Untuk menggunakan fitur Gmail, sobat Lokers wajib memiliki akun Google terlebih dahulu dengan cara mendaftar di Google.com. Enaknya, akun Google secara otomatis tidak hanya terkoneksi ke layanan Gmail saja, melainkan terkoneksi dengan berbagai macam fasilitas  lainnya, seperti Youtube, G-Drive, Google Document, Google Form, Google Play, Google File, Google Photo, dsb.

Tahapan mengirim lamaran dengan email

Setelah memiliki akun Gmail, untuk melampirkan file lamaran pekerjaan, Sobat Lokers dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk dan buka akun Gmail.
  2. Jika sudah masuk atau log in, Sobat Lokers kemudian klik tombol tulis.

contoh lamaran kerja via email

 

 

3. Di dalam tampilan Gmail akanterlihat sebuah kotak untuk  mengirim Email. Sedangkan untuk mengirim dokumen, Sobat Lokers tinggal klik attach file (file lampiran) yang ada di bagian bawah, lihat tombol seperti jepitan kertas.

cara mengirim cv lewat email

 

4.  Langkah selanjutnya, Sobat Lokers tinggal memilih dokumen atau file lamaran yang akan dikirim ke perusahaan tujuan. Fitur Gmail dapat mengirim satu dokumen atau lebih. Bahkan, Sobat Lokers dapat mengirimkannya sekaligus dalam satu waktu. Namun, perlu diingat Gmail hanya membatasi file yang dapat dikirimkan maksimal berukuran 25 MB.

5. Langkah terakhir, Sobat Lokers tunggu sampai semua dokumen berhasil di-upload. Jika semuanya telah terunggah, jangan lupa tulis alamat email perusahaan yang dituju. Bila telah yakin semua benar, lalu klik tombol Send, maka file lamaran kerja Sobat Lokers telah terkirim melalui email. Perlu diingat file yang telah terkirim ke penerima email tidak bisa kita hapus. Jadi, periksa secara teliti sebelum mengirim.

Melamar Pekerjaan Lewat Email

 

Nah, Sobat Lokers sudah mulai jelas ya cara melamar pekerjaan lewat email, semoga mendapat pencerahan. Selamat berjuang dan semoga berhasil mendapat pekerjaan yang diimpikan, amin ….

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button