SeoTutorial Wordpress
Trending

Cara Setting Menggunakan Yoast untuk SEO On Page

Yoast SEO on page merupakan plugin yang wajib digunakan untuk website yang menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress, tool ini memiliki banyak fungsi dan powerfull meskipun menggunakan versi gratis tentunya akan lebih dahsyat jika menggunakan yang berbayar. Plugin ini dikembangkan oleh Team Yoast sejak tahun 2008  dan sekarang sudah versi 19.3 Yoast memilki Slogan the #1 WordPress SEO plugin. Hingga saat ini telah di unduh  5.000.000 kali dengan ulasan sekitar 27.488.

Untuk pengguna wordpress plugin ini sudah tidak asing lagi karena setiap membuat website bisa dipastikan akan menginstall plugin ini karena memilki fungsi yang banyak. Seperti untuk menghubungkan website ke Google Search Console, Baidu, Yandex, Bing untuk proses indexing agar situs mudah dikenali oleh mesin pencari. Pada Facebook bisa untuk Open Graph Meta Data, Twitter untuk card Meta Data, Pinterest untuk konfirmasi kepemilikan website yang terhubung ke pinterest.

Cara Setting Yoast

Plugin Yoast memilki banyak fungsi dan kita akan coba jelaskan secara bertahap sesuai dengan pengalaman dan keilmuan yang dimiliki oleh admin. Secara garis besar fitur yang paling banyak digunakan untuk membantu website agar lebih mudah ditemukan dimesin pencari adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu General silakan klik bagian Features
  2. Sialakan atur ke “On “pada bagian
  3. Seo Analysis
  4. Readability analysis
  5. Cornerstone content
  6. Text link counter
  7. XML sitemaps
  8. Admin bar menu
  9. Security
  10. Rest API
  11. Enhanced Slack sharing
  12. Dan Klik Save

Cara Setting Yoast

 

Menghubungkan Website ke Google Search Console dengan Yoast

Dulu disebut Google Web Master kini berubah menjadi Google Search Console atau biasa di dunia SEO disingkat menjadi GSC merupakan ritual wajib bagi para admin atau seo specialist menggunakan tool gratis dari Google ini karena ini menjadi jembatan penghubung situs yang kita miliki agar bisa terbaca atau terindex di mesin mencari Google dengan lebih cepat. Berikut ini cara menghubungkan GSC ke website menggunakan Yoast seo on page:

  1. Silakan teman-teman buka alamat https://search.google.com/
  2. Bagi teman-teman yang belum registrasi silakan menggunakan email dari Gmail atau silakan login terlibah dahulu ke email baru buka alamat diatas agar lebih mudah.
  3. Secara teknis email dari Gmail bisa langsung terintegrasi ke GSC.
  4. Silakan masukan domain situs kedalam kolom Domain atau URL Prefix
  5. Klik tombol “Continue”
  6. Copy kode pada kolom Text Record
  7. Lalu simpan pada Plugin Yoast di Bagian Webmaster Tools pilih kolom Google verification code
  8. Yang dimasukan hanya kode setelah tanda “=”
  9. Silakan klik pada tulisan Get your Google verification code in Google Search Console untuk verifikasi lanjutan.
  10. Bila berhasil akan keluar keterangan “Verified”
  11. Bila belum berhasil bisa menggunakan kolom Google Search Console bagian URL Prefix.

Menghubungkan Website ke Google Search Console dengan Yoast

Plugin Yoast untuk Klaim kepemilikan Website di Pinterest

Untuk teman-teman yang menggunakan Pinterest sebagai media untuk berbagi konten atau menjadikan pinterest sebagai tempat untuk mendapatkan pengunjung atau traffic bisa menggunakan fitur dari Yoast untuk klaim kepemilikan website yang bisa ditautkan ke akun pnterest. Berikut ini caranya:

  1. Silakan registrasi dan buat akun di Pinterest
  2. Masuk ke menu pengaturan
  3. Pilih Informasi Publik
  4. Masukan Alamat Situs Web
  5. Dan Klik Klaim
  6. Silakan Masuk ke Yoast
  7. Pilih menu Social
  8. Klik Tab Pinterest dan Masukan Kode
  9. Silakan KlikTo “confirm your site with Pinterest”
  10. Proses Selesai

Verfikasi Bing Web Master Tool dengan Yoast

Untuk teman-teman yang biasa bermain d dunia SEO tentunya mengirim atatu submit link website dan artikel merupakan sebuah kegiatan rutin. Pada bagian ini kami akan memberikan info bagaima menghubungkan mesin pencari Bing dari Microsoft dengan website yang kita miliki agar tidak hanya terindex di Google tapi di Searh Engine yang lain. Caranya cukup mudah jika teman-teman sudah menggunakan email yang sama ketika mendaftar ke Google Search Console maka secara otomatis kitab isa daftar menggunakan email Gmail yang sama dan akan ada pilihan untuk sinkronisasi secara otomatis, jadi bisa manual bisa juaga auto.

Cara Menggunakan Yoast SEO di Wordpress

Yoast SEO merupakan plugin atau tool yang digunakan untuk membantu dalam mengembangkan situs atau website agar mudah direferensikan oleh mesin pencari seperti Google tentunya dengan harapan bisa tampil di halaman satu atau dikalangan SEO dikenal dengan istilahh “Page One”. Yoast meiliki fungsi utama untuk menilai sebuah artikel yang diposting apakah sudah sesuai dengan yang diingin oleh mesin pencari.

Plugin Yoast dibagi menjadi dua bagian dalam menilai sebuah artikel yaitu SEO dan Readability untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan setiap bagian:

Pengaturan dan Penjelasan bagian SEO

Pada bagian ini ada sekitar 15 penilaian yang selalu menjadi patokan utama dan bisa berubah ketika ada permasalahan dari artikel yang dibuat, dan berikut ini penjelasan pada bagian SEO:

  1. Outbound links merupakan keterangan agar di dalam artikel diberi link atau tautan ke luar, caranya silakan blok atau sorot kata atau kalimat di artikel dan kik pada menu dengan icon “Insert/Edit Link”. Fungsi dari tautan keluar seperti ketika membuat sebuah tulisan Skripsi atau TA maka harus dilengkapi dengan referensi dan daftar Pustaka.
  2. Image Keyphrase bagian ini merupakan salah satu cara optimasi gambar atau foto, silakan teman-teman ganti file name gambar atau foto dengan kata kunci yang diinginkan atau lebih mudah copy judul dan ganti file name gambar, agar lebih bagus bisa juga di tambahakn di Alt Teks dan Title (File Name).
  3. Images penilaian dari sebuah artikel harus dilengkapi dengan gambar agar ketika mencari gambar di mesin pencari gambarnya bisa muncul.
  4. Internal links tambahkan tautan internal dengan cara memasukan link posting artikel atau alamat domain kedalam sebuah artikel.
  5. Keyphrase in introduction artinya kata kunci harus terdapat dalam paragraf pembuka atau pertama.
  6. Keyphrase density jumlah kata kunci dalam sebuah artikel, dan bisa berbeda-beda tergantung dari jumlah kata dalam sebuah artikel.

Meta Desription dan Focus keyphrase

Meta Desription dan Focus keyphrase

  1. Keyphrase in meta description kata kunci harus terdapat dalam Meta Description yang akan ditampilkan dalam halaman pencarian Google.
  2. Meta description length panjang atau jumlah karakter dalam kolom meta description direkomendasikan berisi sekitar 156 karakter.
  3. Previously used keyphrase Frase kata kunci belum pernah digunakan sebelumnya.
  4. Keyphrase in subheading frase kata kunci terdapat di Penajuk 2 dan 3 atau subjudul.
  5. Text length jumlah kata dalam sebuah artikel direkomendasikan diatas 300 kata dari yoast tetapi sebaiknya diatas 500 kata.
  6. Keyphrase in title Frase kata kunci terdapat dalam judul, artikel yang bagus untuk SEO terdapat kata kunci dalam judul utama.
  7. SEO title width jumlah karakter dalam judul artikel.
  8. Keyphrase in slug frase kata kunci terdapat dalamnya, Slug ini merupakan link atau tautan setelah posting artikel, dan sebaiknya mengandung kata kunci.
  9. Keyphrase length Panjang suku kata keyword sebaiknya menggunakan maksimal empat suku kata saja.

Pengaturan dan Penjelasan bagian SEO

Penjelasan Readability Yoast

Pada bagian ini merupakan penilaian oleh Yoast kepada artikel yang diposting secara utuh untuk tingkat keterbacaan oleh mesin pencari, tetapi jujur saja kam jarang bisa sampai hijau semua. Kerena untuk menilai keterbacaan agak sulit biasanya hanya sampai jingga atau orange. Berikut ini beberapa yang harus diperhatikan dalam penilaian Readability:

  1. Paragraph length penilaian untuk setiap paragraf sebaiknya jangan terlalu panjang sekitar 4 sampai 5 baris agar lebih mudah terbaca.
  2. Subheading distribution merupakan penilaian distribusi Subjudul atau penajuk 2, 3 dan seterusnya secara merata. Artinya Subjudul yang satu dengan yang lainnya jaraknya tidak terlalu jauh.
  3. Consecutive sentences penilain mengenai kalimat atau kata yang beragam sehingga memperkaya suatu artikel dan akan terlihat asli atau unik di mesin pencari.
  4. Passive voice penilaian akan menjadi bagus ketika banyak menggunakan kata atau kalimat aktif dalam artikel.
  5. Transition words merupakan penilaian untuk transisi atau perpindahan dalam sebuah kalimat.
  6. Flesch Reading Ease pada bagian ini anda akan dinilai tangkat kemudahan sebuah artikel oleh mesin pencari dengan rentang angka dari 0 sampai 100.
  7. Sentence length penilaain panjang pendeknya sebuah kalimat, akan dinilai sebuah kalimat dari tanda koma atau titik.

Penjelasan Readability Yoast

Pada artikel ini hanya membahas sekitar tujuh bagian akan tetapi akn berbeda-beda kasus dalam setiap artikel yang dibuat.

Kesimpulan Yoast

Plugin Yoast merupakan alat yang dapat membantu teman-teman dalam proses penilaian sebuah artikel agar lebih akrab dengan mesin pencari terutama Google yang paling banyak penggunanya. Untuk teman-teman yang sedang mendalami dunia Blog tool ini sangat membantu sekali dan terdapat versi gratis. Untuk yang versi berbayar kita dalat melihat kata kunci yang behubungan dan dapat melihat posisi artikel di mesin pencari.

Semoga Artikel Cara Setting Menggunakan Yoast untuk SEO On Page ini bermanfaat, sampai jumpa di tutorial-turorial berikutnya silakan bagikan artikel agar lebih banyak lagi teman-teman yang mendapatkan informasi tambahan. Akhir kata kami ucapkan  terimakasih sudah mampir di wbsite kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button