BlogsTips Kerja
Trending

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Hai Sobat Lokers, seperti kita ketahui bersama seiring dengan era globalisasi dan teknologi informasi, kini peluang lowongan kerja tidak melulu hanya di Indonesia. Tidak sedikit kini pekerja-pekerja asal Indonesia yang bekerja di perusahaan asing atau bahkan, di luar negeri. Perlu Sobat Lokers ketahui, tahap pertama yang menentukan dimulai dari surat lamaran atau job application letter. Dalam tulisan kali ini, mimin mau share Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar. Semoga bisa menjadi bahan referensi Sobat Lokers yang berniat bekerja di perusahaan asing atau luar negeri.

Pada intinya, surat lamaran kerja untuk ke luar negeri atau perusahaan asing tidak jauh berbeda strukturnya dibandingkan surat lamaran kerja di Indonesia. Hanya saja, bahasa yang digunakan menggunakan bahasa asing, sesuai dengan prosedur perusahaan tersebut. Ada yang menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jeang, Bahasa Korea, dsb. Namun, pada umumnya bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris karena bahasa ini merupakan bahasa internasional yang biasa digunakan di berbagai belahan dunia.

Pelamar kerja yang baik, tentu mengetahui bahwa salah satu syarat dokumen wajib yang dikirimkan dalam melamar kerja adalah surat lamaran kerja atau job application letter. Sayangnya banyak pencari kerja yang masih membuat surat lamaran asal-asalan sehingga wajar saja banyak perusahaan yang menolak surat lamaran kerja karena surat lamaran yang dikirim terkesan asal dibuat.

Perlu digaris bawahi, surat lamaran atau job application letter merupakan pesan akan maksud dan tujuan pencari kerja melamar di perusahaan yang dituju.

Sama halnya dengan surat lamaran dalam bahasa Indonesia, format umum dan urutan surat lamaran kerja atau job application letter adalah sebagai berikut:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar
pixabay
  • Tempat dan tanggal penulisan surat (Place and date)

Penulisan tempat dan tanggal terletak di bagian atas surat lamaran kerja. Perlu diingat penyebutan tanggal dan bulan dalam Bahasa Indonesia berbeda dengan Bahasa Inggris. Contohnya seperti berikut. Penulisan format tempat dan tanggal dalam Bahasa Indonesia: Kuningan, 1 Januari 2022. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, ditulis sebagai berikut: Kuningan, January 1st, 2022.

  • Nama, jabatan rekruiter, dan alamat perusahaan (Recruiter and Company)

Bagian selanjutnya cantumkan nama, departemen rekruiter serta nama dan alamat perusahaan yang sobat lamar. Untuk bagian ini bisa dimulai dengan kata to, attention to, atau menyebut langsung bagian departemen recruiter diikuti nama perusahaan dan alamat.

  • Salam pembuka (Opening greeting)

Bagian ini berisi salam pembuka dalam Bahasa Inggris formal. Biasanya pada bagian ini dituliskan menggunakan kata “Dear” yang kemudian diikuti dengan nama penerima (recruiter) dan tanda koma (,). Contohnya: Dear Mr. Jaja, untuk rekruiter laki-laki, atau Dear Mrs. Hany, untuk rekruiter perempuan.

  • Pengenalan (Introductory Paragraph)

Bagian ini merupakan paragraf pembuka yang berisi penjelasan bahwa Sobat Lokers bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang dilamar dan tentu saja, sebutkan poin-poin alasan mengapa sobat melamar posisi tersebut.

  • Data diri (Highlighting Paragraph)

Sesuai dengan namanya, highiting merupakan salah satu bagian terpenting dalam surat lamaran kerja atau job application letter. Pada bagian surat ini Sobat Lokers bisa memaparkan kualifikasi dan kemampuan khusus yang dimiliki dan harus berkaitan dengan bidang pekerjaan dilamar. Paparkan secara jelas, singkat, dan padat.

  • Pelengkap (Complimentary Close)

Pada bagian paragraf terakhir, sebagai pelengkap tuliskan harapan sobat untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai pekerjaan yang dilamar pada tahap  interview dengan rekruiter.

  • Penutup (Closing Paragraph)

Closing Paragraph merupakan paragraf penutup yang berisi ungkapan rasa terima kasih kepada pihak perusahaan karena berkenan menerima surat lamaran yang sobat kirim.

  • Tanda Tangan (Signature)

Terakhir, pada bagian akhir surat bubuhkan tanda tangan dan nama terang Sobat Lokers. Sebaiknya, gunakan pulpen atau bolpoin bertinta warna hitam untuk tanda tangan.

Masih kebingungan? Untuk jelasnya sobat bisa melihat contoh struktur atau format surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Silakan download Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris versi docx dengan cara klik menu File lalu Download dengan klik tautan ini lokasi file versi docx. dan untuk download surat lamaran bahasa inggris versi PDF silakan klik tautan ini lokasi file versi PDF.

  • Lampiran dokumen (File Attachment)

Lamiran dokumen sebetulnya bukan termasuk bagian dalam surat lamaran. Namun, data-data ini menjadi pelengkap penting untuk penilaian pihak rekruiter perusahaan. Dokumen atau berkas yang dilampirkan antara lain, daftar riwayat hidup, Fotokopi ijazah yang dilegalisir, Fotokopi transkrip nilai, Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan, sertifikat prestasi, pas foto terbaru, dan fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Bagi pelamar kerja yang ulet, tentu akan mempersiapkan berkas-berkas atau dokemen kerja yang dibutuhkan jauh hari sebelumnya. Perlu diingat, berkas file  ini berfungsi sebagai bukti penguat apa yang Sobat Loker tulis pada surat lamaran kerja sehingga sangat penting bagi pihak rekruiter perusahaan.

Perlu Sobat Lokers cermati, untuk menghindari kesalahan dalam penulisan surat lamaran dalam Bahasa Inggris, maka Sobat Lokers harus mengecek ulang surat yang dibuat. Oleh karena itu, lakukan proses edit dan koreksi hal ini untuk menghindari kesalahan fatal penulisan atau banyaknya kesalahan.

Pihak rekruiter perusahaan cenderung mengabaikan surat yang banyak kesalahan baik dari sisi ejaan atau tata bahasa. Jadi, baca surat lamaran Anda secara cermat. Bila masih mengalami kesulitan, mintalah bantuan teman, keluarga, atau relasi untuk mengevaluasi surat lamaran yang sobat buat. Dengan demikian surat lamaran dalam Bahasa Inggris yang sobat buat terhindar dari kesalahan dan kekurangan.

Nah, Sobat Lokers demikian penjelasan mengenai contoh cv lamaran kerja Bahasa Inggris yang baik dan benar. Semoga Sobat Lokers mendapatkan penjelasannya secara mendalam. Selamat berjuang dan semoga diterima di perusahaan asing yang selama ini diidamkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button