Tutorial Wordpress
Trending

Plugin Pendukung Website Wordpress Site Kit by Google

Bagi Anda pengguna pengguna Content Management System atau CMS, tentu sudah tidak asing dengan salah satu CMS terbaik di dunia, yakni Wordpress. CMS yang digunakan untuk membangun situs blog dan portal berita  ini diluncurkan pertama kali oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada 2004. Sampai saat ini pengguna CMS Wordpress mencapai 40 juta pengguna atau menguasai 64,3% pengguna sistem CMS. Platform ini mengalahkan platform serupa seperti Shopify dan Squarespace. Namun, sayangnya banyak pengguna masih belum mengetahui plugin pendukung Website Wordpress agar SEO Friendly.

Untuk mengoptimalkan fungsi website berbasis Wordpress, maka para pengguna harus memanfaatkan fungsi plugin atau ekstensi yang ditambahkan ke dalam website WordPress untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsi utamanya.

Ada ribuan opsi yang dapat dipilih dan digunaka, baik yang berbayar maupun gratis. Opsi ini berfungsi untuk mengembangkan fungsionalitas situs dan memperbaiki user experience (UX) website. Selain itu, mempermudah aktivitas dan pekerjaan Anda.

Plugin atau eksensi ini menyediakan berbagai macam fitur yang bisa diubah atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan utilitas website wordpress Anda. Enaknya di WordPress, pengguna bisa mengubah kode asli situs tanpa perlu mengeditnya sendiri.

Site Kit By Google, Plugin untuk Website Wordpress

Nah, kali ini mimin akan berbagi informasi salah satu plugin pendukung website wordpress gratisan, tetapi powerfull untuk memonitor kinerja website Wordpress Anda.

Plugin Pendukung Website Wordpress Site Kit by Google

Site Kit by Google

Untuk memantau kinerja sebuah website maka diperlukan analysis dan report tools yang bisa diandalkan, salah satunya adalah tools besutan perusahaan Google. Namun sayangnya, acapkali kita dibuat repot karena harus masuk-keluar beberapa tools Google sekaligus. Namun, kini  Google memberikan plugin gratis di Wordpress bernama Site Kit by Google.

Anda dapat memantau kinerja Google Analytics, Google AdSense, Search Console, page Speed Insight, Optimize, dan Tag Manager hanya di satu tempat. Google Site Kit dirancang oleh Google Developer untuk mengintegrasikan beberapa layanan plugin buatan Google dalam satu monitor sehingga Anda dapat melihat analisis dari beberapa tools Google secara ringkas cukup di dashboard WordPress Website Anda. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

Google Search Console

  1. Install Google Site Kit

Site Kit by Google dapat Anda cari melalui menu Plugins > Add New di Dashboard. Kemudian, klik Install Now. Jangan lupa untuk mengaktifkan plugin tersebut setelah proses instalasi selesai.

  1. Running Setup Site Kit by Google

Setelah diaktifkan, Anda akan menemukan pesan di halaman daftar plugin untuk melakukan setup Site Kit by Google. Untuk memulainya klik Start Setup.

  1. Verifikasi Kepemilikan Website

Setelah proses instalasi selesai, halaman setup Site Kit by Google akan muncul. Pada halaman ini akan muncull informasi beberapa hal yang harus Anda lakukan sampai konfigurasi plugin ini selesai, yakni: Verifikasi kepemilikan website, perizinan akses ke data akun Google pada website, dan Setup akun Search Console. Untuk memulai, klik Sign In with Google.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukan akun Google yang akan digunakan. Klik Allow untuk mengonfirmasi akses data akun Google Anda.

menghubungkan website ke Google Search Console

  1. Integrasi Website dengan Google Search Console

Setelah proses instalasi selesai, Anda akan dibawa kembali ke halaman instalasi. Nah, selanjutnya klik ikon Add Site untuk menghubungkan website Anda ke Google Search Console.

Menhubungkan Website ke Google Analytic terbaru

Untuk menghubungkan Google Analytic Anda dengan Site Kit by Google, caranya  Klik Site Kit  > Settings pada Dashboard WordPress. Kemudian selanjutnya pilih tab Connect More Services dan klik Set up Analytics.

Kemudian pilih akun, property (website), dan data website Anda yang ingin ditampilkan dengan mengklik Configure Analytics. Nah, sekarang akun Google Analytics Anda sudah terintegrasi dengan Site Kit by Google. Jadi, sama halnya dengan tools Google Serach Console, plug in ini dapat menampilkan juga Google Analytic di dashboard Wordpress.

menghubungkan Google Analytic ke website

Optimize

Bagi  pengguna tools Google yang ingin melakukan A/B testing website, kini dapat menggunakan tools-nya secara terintegrasi di Site Kit by Google. Sama seperti uraian di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah   mendaftarkan akun Google Anda di situs Google Optimize terlebih dahulu. Setelah itu klik Get Started untuk memulai.

Isi pertanyaan yang diberikan Google dan terakhir centang checkbox Terms and Conditions. Lalu, klik Done. Nah, Google Optimize sudah siap digunakan. Sekarang akses Dashboard di website Google Optimize dan klik menu My Container yang terletak di pojok kiri atas. Kemudian Anda akan melihat kode container pada menu pop up.  Selanjutnya, salin kode tersebut, lalu set up Optimize di setting Google Site Kit. Lantas isi kode container di kolom tersedia dan klik Configure Optimize.

Setelah langkah di atas selesai, maka tools Optimize akan terintegrasi dengan ekstensi Site Kit by Google dan data-data akan muncul di dashboard.

mengecek Page Speed Insight website

Page Speed Insight

Bagi Anda yang ingin melihat parameter kecepatan situs website Anda seperti: Total Blocking Time (TBT), Largest Contentful Paint (LCP), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Nah, plugin Site Kit by Google memiliki fitur ini.

Untuk menggunakannya, Anda klik Site Kit > Settings di Dashboard lalu pilih tab Connect More Services. Setelah itu, klik Set up PageSpeed Insights. Nah, secara otomatis Plugin Google Site Kit akan langsung terkoneksi ke tool Page Speed Insight.

Google Adsense

Bagi Anda yang menjadikan website Anda sebagai mesin pundi uang dari Google, tentu tools Google Adsense menjadi salah satu yang wajib ada. Dengan Site Kit by Google memungkinkan Anda untuk mengecek performa Google Adsense yang ditampilkan di website, cukup di dashboard Wordpress Anda.

Tidak jjauh berbeda dengan cara integrasi tools Google lainnya. Untuk menggunakannya, Anda klik Site Kit > Settings di Dashboard lalu pilih Analytics di tab Connect More Services. Kemudian Ikuti langkah verifikasi akun Google sampai proses selesai.

Setelah itu, tampilan akan kembali ke plugin Site Kit. Jika Anda sudah memiliki akun Google Adsense tinggal Anda isi dan koneksikan, tetapi bila belum maka Anda bisa klik tombol Create AdSense Account, isi data-data yang diminta Google. Apabila sudah selesai mengisi formulirnya, lalu klik Submit.

Secara otomatis kini website Anda terhubung dengan Google Adsense.  Sebagai informasi, Tim Google Adsense membutuhkan waktu untuk memverifikasi website Anda. Jadi, pengguna baru harap bersabar karena membutuhkan waktu sampai data AdSense Anda tampil di Dashboard Site Kit by Google.

mengecek google adsense di website

Tag Manager

Bagi Anda yang ingin cepat dan mudah memperbarui kode pelacakan dan fragmen kode terkait yang secara keseluruhan dikenal sebagai “tag” di situs atau aplikasi seluler Anda di Website Wordpress, lagi-lagi Anda dapat menggunakan plugin Site Kit by Google.

Langkah pertama Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu melalui setup Tag Manager yang ada di Site Kit > Settings. Di halaman setting tersebut, klik tab Connect More Services dan pilih Tag Manager.

Kemudian, klik Create an account untuk membuat akun Tag Manager Anda di halaman pendaftarannya. Isi formulir pendaftaran yang tersedia kemudian pilih platform yang jadi sasaran Tag Manager. Klik Create jika sudah selesai dan klik Yes ketika uncul Terms and Conditions Tag Manager.

Setelah diklik Yes, Anda akan dibawa kembali ke tampilan Dashboard Tag Manager, langkah selanjutnya Anda copy dan paste kode tracking pada halaman-halaman website Anda kemudian

Kembali ke halaman setup Tag Manager di plugin Site Kit by Google.

Klik re-fetch My Account untuk menghubungkan akun yang baru saja dibuat dengan plugin Site Kit by Google. Pada halaman selanjutnya, klik Confirm & Continue. Nah, tools Tag Manager kini sudah terintegrasi dengan Site Kit by Google dan Anda bisa melihat data tracking halaman website Anda di dashboard Site by Google.

Nah, Sobat semua mendapat pencerahan tentang Plugin Pendukung Website Wordpress – Site Kit by Google. Dengan plugin ini kita akan mendapatkan berbagai data-data seperti sumber trafik, aktivitas trafik, performa iklan atau adsense, halaman dengan trafik tertinggi, hasil split test dan indikator kecepatan website. Next, mimin akan ulas plugin lainnya yang wajib diketahui para pengguna website Wordpress di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button