BlogsTips Kerja

Tips Mudah dan Aman Mencari Lowongan Kerja Online

Mencari Lowongan Kerja Online

Dunia teknologi internet kian hari kian semakin masif dan berkembang pesat, hal ini tentu berdampak pada banyak hal. Seperti lifestyle atau gaya hidup masyarakat. Kalau zaman dulu, untuk mendapatkan informasi terbaru, masyarakat mengandalkan informasi dari koran, majalah, radio, dan televisi. Kini masyarakat dengan begitu mudah dapat mengakses informasi secara aktual hanya di atas genggaman perangkat seluler Anda. Demikian halnya untuk mencari lowongan kerja online.

Walaupun beberapa pengguna masih mengandalkan media konvensional untuk menyebarkan informasi. Namun, dari siklus tren, media konvensional kini mulai ditinggalkan. Hal ini disebabkan karena media konvensional membutuhkan cost yang mahal untuk menjangkau audience-nya. Selain itu, media konvensional selalu ketinggalan informasi dibandingkan media elektronik yang memiliki kecepatan tinggi dalam penyebaran informasi.

Jadi, kini saatnya Sobat Lokers harus melek teknologi informasi. Jangan sampai ketinggalan informasi loker online hanya gara-gara lambat menerima informasi yang ujung-ujungnya menyesal.

Saat ini, baik perusahaan berskala besar maupun kecil banyak yang menggunakan internet untuk menginformasikan lowongan kerja. Sebagian perusahaan ada yang sebatas mengumumkan informasi lowongan kerja di situs resmi mereka, sebagian perusahaan lain, ada juga yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook (FB), Twitter, Instagram (IG), bahkan Tiktok. Ada juga perusahaan yang menyebarkan informasi lowongan kerja melalui pihak ketiga atau jasa periklanan, biasanya pihak ketiga memiliki website lowongan kerja yang memiliki trafik web cukup tinggi setiap bulannya.

Tips Mudah dan Aman Mencari Lowongan Kerja Online

Lantas, bagaimanakah tips mudah mencari lowongan pekerjaan secara online? Simak ulasan berikut ini.

  1. Manfaatkan situs pencarian

Cara paling mudah mencari lowongan kerja secara daring, yaitu dengan menggunakan situs pencarian , seperti Google, Yahoo, atau Bing. Search engined ini dapat dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Sobat Lokers hanya perlu mengetikkan kata kunci yang spesifik dan halaman pencarian akan menampilkan beraneka lowongan kerja. Pilih lowongan kerja yang  sesuai atau Anda inginkan.

Apabila Sobat Lokers masih ada keraguan, tidak ada salahnya Anda menanyakan terlebih dahulu kepada Customer Service (CS) perusahaan tersebut dan mengajukan beberapa pertanyaan. Seperti benarkah perusahan yang dimaksud membuka lowongan kerja? Apakah perusahaan tersebut memungut biaya administrasi dalam penerimaan kerja? Atau pertanyaan lain yang kira-kira penting menurut Anda.

Langkah-langkah ini untuk menghindari penipuan, sebaiknya Sobat Lokers berhati-hati dan tidak sembarangan mengirimkan lamaran karena tidak sedikit situs tertentu yang mengiming-imingi  pekerjaan. Namun, dengan syarat harus menyerahkan sejumlah uang sebagai pemulus atau pelicin. Jadi, bila Sobat Lokers menemui hal demikian, sebaiknya segera tinggalkan karena tidak sedikit yang menjadi korban.

Oleh karena itu, carilah situs lowongan kerja terpercaya, periksa secara cermat, seperti legalitas perusahaan, alamat, nomor narahubung atau contact person (CS), dsb. Hal ini tidak lain demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Setelah Sobat Lokers yakin, kirimkan berkas lamaran kerja ke email atau alamat yang tertera pada iklan lowongan kerja tersebut.

  1. Situs resmi pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta

Salah satu langkah paling aman yang bisa Sobat Loker kerjakan, yakni mengunjungi situs atau website resmi pemerintahan seperti Kemenaker atau Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, selain itu sobat dapat melihatnya di akun Instagram @Kemnaker. Biasanya pihak Kemenaker selalu updating lowongan kerja di Instagramnya.

Selain situs resmi pemerintahan atau BUMN, sobat Lokers bisa coba juga di situs perusahaan yang dituju. Biasanya perusahaan akan mengumumkan informasi lowongan kerja di website/situs resmi mereka. Langkah ini relatif lebih aman sehingga terhindar dari penipuan dari oknum-oknum tertentu. Periksa secara cermat persyaratan yang harus disiapkan. Selain itu, cermati apakah harus dikirimkan dalam bentuk dokumen cetak atau cukup hanya sebatas soft copy.

  1. Media Online

Tidak sedikit pengumuman lowongan kerja dipromosikan di media-media online. Biasanya media online profesional akan menginformasikan lowongan kerja yang bersumber langsung dari perusahaan yang kredibel.

Pihak media biasanya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu, sebelum menanyakan iklan lowongan kerja. Hal ini bertujuan  untuk menghidari penyebaran informasi yang dapat merugikan masyarakat dan ujung-ujungnya dapat menjatuhkan reputasi media online tersebut.

  1. Situs atau aplikasi penyedia layanan lowongan kerja

Saat ini di dunia daring, banyak tersedia situs penyedia layanan lowongan kerja. Pada umumnya, situs-situs ini menyediakan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel untuk memudahkan pencari kerja. Biasanya pihak penyedia layanan bekerja sama dengan pihak perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Dengan segudang fitur aplikasi yang ada, pencari kerja tinggal mengunggah berkas lamaran tanpa  harus melalui email atau alamat kantor, kemudian untuk melihat progresnya tersedia fitur update status lamaran kerja. Cukup efisien bukan?

  1. Media sosial

Sobat Lokers tentu banyak menemukan informasi lowongan kerja online terbaru di berbagai media sosial online, seperti Facebook (FB), Twitter, Instagram (IG), bahkan Tiktok.

Media-media sosial ini digunakan untuk memudahkan pencari kerja mencari info lowongan kerja secara online. Namun, seperti setelah mimin singgung sebelumnya, pencari kerja harus berhati-hati dalam memilih lowongan kerja yang akan dituju karena sumber informasi di media sosial tidak semuanya benar. Jadi, periksa secara cermat dan tanyakan secara jelas untuk menghindari penipuan yang berakibat kerugian materil dan waktu.

Selain FB, Twitter, IG, dan Tiktok, Sobat Lokers bisa coba juga mencari lowongan kerja di media sosial khusus para profesional, yaitu LinkedIn. Pencari kerja dapat menemukan info lowongan kerja, bahkan berkenalan langsung dengan bagian HRD (Human Resources Departement) di perusahaan-perusahaan yang dituju.

Demikian ulasan Tips Mudah dan Aman Mencari Lowongan Kerja Online, semoga bermanfaat dan selamat berjuang. Semoga Sobat Lokers mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diimpikan, amin ….

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button